Minum Kopi dengan Cangkir Putih Membuat Rasa Lebih Pahit

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Oct 2017 07:00 WIB
kopi
Minum Kopi dengan Cangkir Putih Membuat Rasa Lebih Pahit
Warna coklat pada kopi cenderung kontras dengan warna wadah putih. Sebaliknya, gelas bening seakan meningkatkan rasa manis pada kopi. (Foto: Trilhandopaz/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Warna wadah ternyata dapat memengaruhi rasa makanan atau minuman. Sebuah studi menemukan bahwa warna cangkir dapat memengaruhi rasa pada minuman kopi. 

Ide penelitian tersebut terinspirasi pada seorang barista yang menjelaskan bahwa kopi dalam mug putih terasa lebih pahit dibandingkan dihidangkan dalam gelas bening. 

Kemudian, para peneliti melakukan beberapa penelitian dimana para partisipan diminta minum kopi dari cangkir dengan warna berbeda: putih, bening, dan biru; dan diminta menganalisa rasa. 



Hasilnya, peminum kopi merasa minuman yang diteguk dari gelas putih lebih intens, yaitu kurang manis dan lebih pahit, dibandingkan kopi dalam dua warna gelas lainnya. 

(Baca juga: Benarkah White Coffee Berbahaya Bagi Kesehatan?)

Mengapa demikian?

Manusia cenderung mengasosiasikan warna dengan rasa dan putih identilk dengan kepahitan. Warna coklat pada kopi cenderung kontras dengan warna wadah putih. Sebaliknya, gelas bening seakan meningkatkan rasa manis pada kopi. Sementara, warna biru cenderung memperkuat rasa manis dan pahit. 

Namun, para peneliti mengklaim banyak pertimbangan lain yang perlu diperhatikan, misalnya pengalaman minum kopi. 










(TIN)