Jelajah Melbourne

Keseruan Berinteraksi dengan Hewan Liar Khas Australia di Healesville Sanctuary

Hilman Haris    •    Rabu, 05 Oct 2016 18:05 WIB
wisata australia
Keseruan Berinteraksi dengan Hewan Liar Khas Australia di Healesville Sanctuary
Menyaksikan Koala dari jarak dekat di Healesville Sanctuary (MTVN - Hilman)

Metrotvnews.com, Melbourne: Berwisata ke Melbourne, Victoria, Australia rasanya tidak akan lengkap andai tak mengunjungi Healesville Sanctuary.  Sebab jika ke sana, Anda akan mendapatkan pengalaman menarik bisa melihat hewan khas Australia seperti koala, kanguru, platypus, wombat, dingo, dan burung emu dari jarak yang sangat dekat.

Konsep Healesville Sanctuary memang berbeda dengan Melbourne Zoo. Di Healesville Sanctuary, hewan dibiarkan berkeliaran secara bebas. Bahkan, Anda diperbolehkan berinteraksi dengan sejumlah hewan liar seperti kanguru.

Melalui kerja sama dengan ABC International, Metrotvnews.com jadi memiliki kesempatan langka untuk berkunjung ke Healesville Sanctuary pada pertengahan September 2016.  Selama di sana, kami juga bertemu dengan sejumlah wisatawan yang sudah menempuh perjalanan ratusan kilometer hanya untuk merasakan sensasi melihat hewat dari jarak dekat di Healesville Sanctuary.

“Sebelumnya saya mengunjungi Melbourne Zoo. Namun di sana terasa sangat membosankan karena saya hanya bisa melihat dan tak diperbolehkan menyentuh hewan. Akhirnya saya pergi ke Healesville Sanctuary. Di sini sangat menyenangkan, sangat natural, dan cantik. Hewan favorit saya adalah wombat dan platypus,” ujar Emily, pengunjung asal Adelaide, Australia Selatan saat ditemui Metrotvnews.com di Healesville Sanctuary beberapa waktu lalu.

Perjalanan Anda di Healesville Sanctuary akan dimulai dengan bertemu hewan yang menjadi lambang Australia, yakni burung Emu.  Meski tidak dibatasi oleh pagar yang tinggi, pengunjung tetap dilarang memberikan makanan kepada emu karena dokter serta petugas medis di Healesville Sanctuary memberlakukan aturan ketat soal asupan setiap hewan.

Setelah dari sana, pengunjung akan dibuat takjub dan gemas oleh sekumpulan koala yang bertengger di dahan-dahan pohon. Sayangnya, aturan Pemerintah Victoria melarang pengunjung untuk memeluk koala yang berada di kebun binatang.


(Tasmanian Devil terbilang hewan yang agresif dan selalu berkeliaran. Jadi, melihat mereka sedang bersantai merupakan pemandangan yang langka)

Keseruan meningkat saat menyambangi “markas” kanguru. Tak seperti perlakuan untuk Koala, pihak kebun binatang memperbolehkan pengujung untuk berinteraksi dengan kanguru. Bahkan, pengujung dipersilakan untuk memegang dan berfoto dalam jarak yang dekat dengan sang hewan.


(Pengunjung diperbolehkan masuk ke kandang kanguru)

Jika sudah puas bermain dengan kanguru, Anda bisa langsung melihat hewan khas Australia lainnya seperti tasmanian devil, wombat, dan platypus. Sebelum beranjak, ada baiknya melihat jadwal acara yang sudah diberikan pengelola kebun binatang. Sebab, pada waktu-waktu tertentu manajemen kebun binatang mengadakan acara khusus yakni atraksi pemberian makan kepada para binatang.

Jadi, jika ada niatan ke Melbourne, tak ada salahnya menyambangi  Healesville Sanctuary dan merasakan keseruan bertemu hewan liar khas Australia.

 


(HIL)