Tips Memasak Steak ala Restoran

Nia Deviyana    •    Selasa, 17 Jul 2018 08:00 WIB
tips memasak
Tips Memasak Steak ala Restoran
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Memasak steak memang susah-susah gampang. Namun, dengan cara yang tepat, Anda juga bisa mendapatkan steak enak ala restoran.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengolah daging menjadi steak, mulai dari bumbu hingga cara memanggangnya.

Pertama, pilih daging steak dengan ketebalan 1 1/2 inci dengan marbling pada daging. Marbling merupakan sebaran lemak di daging yang menyerupai marmer, yang membuat daging terasa lebih gurih dan juicy.


Marbling atau lemak membuat daging terasa lebih gurih dan juicy. (Foto: Meat Tender)

Jangan langsung mengolah daging yang baru dikeluarkan dari lemari es. Memanggang daging dingin bisa membuat tingkat kematangannya tidak merata. Sebaiknya, diamkan daging beberapa saat (1-2 jam) agar suhunya mencapai suhu kamar.

Jika sudah siap diolah, Anda bisa mulai membumbuinya. Beri bumbu pada kedua sisi daging 35 hingga 45 menit sebelum dimasak.

Tidak semua daging bisa dipanggang. T-bone atau bagian punggung dalam, misalnya, merupakan daging yang cocok untuk dipanggang. Namun, tidak dengan iga tanpa tulang yang lebih cocok untuk digoreng.

Panaskan pemanggang setidaknya 30 menit sebelum Anda memanggang daging. Jangan lupa olesi panggangan dengan minyak.

Kini tiba waktunya untuk memanggang. Gunakan suhu 130-145 derajat F jika Anda menginginkan steak dengan tingkat kematangan medium rare-medium. Jika menginginkan tingkat kematangan sempurna, pindahkan daging ke titik pemanggang yang suhunya lebih rendah setelah daging memasuki tingkat kematangan medium, dan masak lebih lama.

Biarkan steak selama 5-10 menit agar air dalam daging mengendap. Setelahnya, Anda baru boleh memotongnya.

 


(DEV)