Melihat Indahnya Kota Palu Melalui Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 25 Oct 2017 17:37 WIB
pariwisata indonesia
Melihat Indahnya Kota Palu Melalui Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu
Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Palu, Sulaweswi Tengah, yakni Tugu Perdamaian ‘Nosarara Nosabatutu’. (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Metrotvnews.com, Palu: Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Palu, Sulaweswi Tengah, yakni Tugu Perdamaian ‘Nosarara Nosabatutu’.

Tugu ini ditetapkan sebagai ikon perdamaian di wilayah Sulawesi Tengah. Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 800 meter persegi, tempat ini sangat cocok bagi para traveller untuk melihat hamparan Kota Palu.


(Tugu Perdamaian ‘Nosarara Nosabatutu’ Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Pasalnya letaknya berada diantara bukit berlapis, sebelah timur Teluk Palu, dan tidak jauh dari pusat kota, sekitar 30 menit ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari Tugu Perdamaian ‘Nosarara Nosabatutu’ Anda dapat melihat mutiara di garis Khatulistiwa, kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk.

(Baca juga: Atraksi Loncat Indah Bocah Kaili di Pusat Laut Donggala)

Kata Nosarara Nosabatutu sendiri merupakan semboyan dari suku Kaili, yang berarti bersaudara dan bersatu. Sebagaimana diketahui, suku asli Kota Palu adalah Suku Kaili. Namun tak hanya Kaili yang mendiami kota tersebut.

Beragam suku yang mendiami Palu yakni Bugis, Toraja dan Mandar yang berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Gorontalo, Manado, Jawa, Arab, dan Tionghoa.

Keberagaman tersebut pun tumbuh damai di atas tanah Kaili, tanpa adanya perselisihan.

Tepat di samping monumen Tugu Perdamaian, terdapat Gong Nusantara berada berdiameter 2 meter dengan berat 180 kilogram, yang menggambarkan simbol keagamaan, bendera-bendera bangsa, serta lambang daerah atau kota.










(TIN)