Cerita Travel Blogger Ashari Yudha Wujudkan Cita-cita Keliling Indonesia

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 21 Nov 2017 17:09 WIB
tips wisata
Cerita Travel Blogger  Ashari Yudha Wujudkan Cita-cita Keliling Indonesia
Ashari Yudha, travel blogger yang punya cita-cita menjelajahi Indonesia sebelum usia 25 tahun. (Foto: Instagram Catatan Backpacker)

Jakarta: Menjelajahi berbagai destinasi wisata tentu menyenangkan. Apalagi, jika bisa dilakukan sambil mencari uang. Hal itulah yang berhasil dilakukan Ashari Yudha, travel blogger  yang punya cita-cita menjelajahi Indonesia sebelum usia 25 tahun.

Bukan sekadar hobi, pria yang akrab disapa Yudha itu punya alasan hingga pada akhirnya mantap melakukan travelling  meski dengan budget minim. Sebelum meninggal, sang ayah pernah berpesan bahwa dirinya harus mencoba kerkeliling Indonesia agar mendapat banyak pengalaman. Selain itu, ia juga diberi pesan untuk memiliki usaha sendiri.

Bertahun-tahun melakukan perjalanan, ia menyadari ada banyak hal yang didapat selama delapan tahun berkunjung ke berbagai tempat di tanah air.

"Saya tak hanya melihat pemandangan, tetapi juga mendapat berbagai pelajaran seperti bersyukur, toleransi, dan mendapat pandangan-pandangan baru," ujar Yudha dalam acara Eksplorasi Mahakarya Kebanggan Indonesia, Selasa, 21 November 2017.

Ia juga mengungkapkan pernah merasa jenuh dengan pemandangan alam yang didatangi saat menempuh perjalanan wisata selama enam bulan. Namun,  ia berhasil menemukan sisi menarik lainnya dari berwisata.

"Ternyata, meskipun pemandangan sama, misalnya laut dimana-mana berwarna biru, ternyata saya mendapat kekayaan lain yaitu sejarah, budaya, dan kearifan lokal yang berbeda-beda (di setiap daerah)."

Ia pun mencoba cara baru dalam berwisata, yaitu dengan menginap di rumah penduduk asli agar bisa lebih mengenal budaya dari daerah yang sedang ia kunjungi. Tak lupa ia juga melihat-lihat hasil karya asli yang telah dibuat warga daerah tersebut.

Pengalaman menariknya dibagikan dalam bentuk tuliaan pada blog pribadi www.catatanbackpacker.com dan media sosial Instagram @CatatanBackpacker kepada para pengikutnya.

"Saya rasa hal-hal inspiratif tak boleh disimpan sendiri dan harus dibagikan sama orang lain," pungkas pria berusia 26 tahun tersebut.
(DEV)