Tips Menghindari Keterlambatan Jadwal Pesawat

Raka Lestari    •    Minggu, 12 Nov 2017 11:04 WIB
tips & trik
Tips Menghindari Keterlambatan Jadwal Pesawat
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Mengalami Delay atau keterlambatan jadwal penerbangan menjadi hal yang cukup menyebalkan. Delay juga dapat merusak jadwal penerbangan selanjutnya jika Anda harus berpindah pesawat.

Untuk mencegah delay, disarankan memesan pesawat dengan jadwal penerbangan yang paling awal.

Bukti menunjukkan bahwa semakin pagi jadwal penerbangan, maka semakin kecil pula risiko delay yang panjang saat Anda akan melakukan perjalanan. Menurut data yang dikumpulkan Bureau of Transportation Statistics, waktu terbaik untuk terbang adalah antara pukul 6 dan 7 pagi.

Penerbangan dengan jadwal  tersebut rata-rata hanya mengalami keterlambatan selama 8,6 menit. Sementara itu, penerbangan yang lepas landas sebelum pukul 6 atau antara jam 7 hingga 8 pagi  masih cukup tepat waktu juga.

Menurut laoran FiveThirtyEights, waktu delay akan bertambah buruk seiring berjalannya waktu. Semakin siang atau sore, atau bahkan semakin malam Anda berangkat, Anda harus mempersiapkan waktu terjadinya delay. Terlebih lagi, waktu delay akan mencapai puncaknya pada keberangkatan pukul 6-7 malam, dengan penundaan mencapai 20,7 menit, dan akan terus mengalami penundaan keberangkatan sampai 20 menit hingga pukul 9 malam.

Jika Anda tidak menginginkan keberangkatan pagi-pagi sekali, Anda bisa memilih jadwal keberangkatan pada pukul 10 malam atau lebih, yang  jarang terjadi delay. Namun penerbangan dengan jadwal tersebut hanya tersedia 2 persen dari keberangkatan pada hari itu sehingga jarang atau sulit didapatkan.




(DEV)