Resep Red Curry Beef ala Food Blogger Sarah Benjamin

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 08 Nov 2017 12:37 WIB
resep masakan
Resep Red Curry Beef ala Food Blogger  Sarah Benjamin
(Foto: Sri Yanti Nainggolan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Food blogger  Sarah Benjamin membagikan resep Red Curry Beefon Crispy Rice Cakes buatannya. Makanan tersebut merupakan steak sapi kecil berbumbu kari dengan pendamping nasi gurih berbentuk sushi.

Pembawa acara beberapa program memasak di Asian Food Channel TV tersebut mendatangi Indonesia bersama rekannya chef Nik Michael Imram dalam rangka mempromosikan program memasak Cooking For Love  musim ketiga.

Pertama, ia memperlihatkan cara membuat saus kari yang diawali dengan menumis cabai kering, ketumbar, serai, lengkuas, gula, bawang merah matang, dan jinten.

"Jangan dimasak dengan suhu terlalu tinggi karena bisa memercik ke luar saat menggorangnya. Kemudian, ditumis sampai matang, bisa terlihat dari munculnya bau sedap," ujarnya dalam sebuah demo masak, Selasa 7 November 2017.

Setelah matang, campurkan santan ke dalam tumisan tersebut tanpa menambahkan cairan lain (seperti air) agar rasa tetap konsisten.

Selanjutnya, campurkan bubuk gula merah atau gula Jawa, daun jeruk, dan saus ikan secukupnya.

"Supaya memberi rasa khas Thailand, manis dan gurih."

Setelah beres dengan bumbu, Sarah pun menyiapkan nasi khusus untuk  membuat sushi, yaitu dengan tekstur yang pendek dan lengket.

"Campurkan nasi dengan cuka Jepang, gula dan garam supaya tekstur mengilap dan tetap menempel. Selain itu, cuka juga dapat menyeimbangkan rasa pada sushi yang umumnya menggunakan ikan."

Sarah menyarankan untuk membentuk nasi persegi panjang agar saat dimasak lebih mudah untuk meratakan kematangan nasi. Menggoreng nasi tersebut dilakukan dua kali, yaitu digoreng hingga sisi terluar berwarna kecokelatan, dan selanjutnya sekali lagi namun dengan diolesi bumbu khusus.

"Bumbu terdiri dari campuran kecap asin, saus ikan, dan gula. Goreng sebentar dan akan muncul aroma yang berbeda dari sebelumnya."

Terakhir, Sarah mendemokan cara memasak daging sapi, yang tak jauh berbeda dengan memasak steak, yang hanya perlu ditaburi garam secukupnya.

"Memasak daging tak perlu sampai matang karena saat diangkat dari penggorengan, proses pemasakan masih terjadi," terang Sarah yang juga menyarankan agar menggunakan suhu api tinggi saat memasak makanan berprotein tersebut.

Penggunaan minyak, menurut Sarah, juga tak kalah penting karena dapat menambah cita rasa. Saat proses pemasakan, sisi daging yang tak dipanaskan sebaiknya diluluri minyak untuk mematangkan bagian yang masih berwarna lebih cerah.

"Supaya daging merata semua warnanya. Namun dalam penyajian, bagian pinggir (yang biasanya lebih gelap dan merupakan otot) sebaiknya dipotong agar lebih mudah saat dimakan."

Ketika daging sudah matang, potong secara diagonal dan tempatkan di atas nasi yang berbentuk. Setelah itu, tuangkan saus kari  pada bagian atas sendiri disertai hiasan daun kemangi.

Saat menikmatinya, disarankan untuk meneteskan air jeruk nipis di atas men makanan tersebut untuk membuat rasa semakin segar. Gabungan antara nasi gurih, daging sapi, dan bumbu kari yang tergolong berat akan memberikan rasa berbeda bila tambahkan dengan air jeruk nipis, dimana tercipta keseimbangan rasa ketika dikunyah dalam mulut.




(DEV)