Mengenyangkan Perut, Mata, dan Otak di Rumah Makan Inggil

Kesturi Haryunani    •    Rabu, 01 Nov 2017 17:22 WIB
kuliner
Mengenyangkan Perut, Mata, dan Otak di Rumah Makan Inggil
Inggil Museum Resto di Jalan Gajah Mada 4 Kota Malang, Jawa Timur -- MI/Bagus Suryo

Metrotvnews.com, Malang: Bagi Anda yang menyukai sejarah dan hobi makan, wajib mampir ke Rumah Makan Inggil di Malang, Jawa Timur. Rumah makan yang berada di Jalan Gajah Mada 4 ini hadir dengan menggabungkan konsep resto dan museum.

"Berkunjung ke sini (Rumah Makan Inggil) mampu membuat perut, mata, dan otak `kenyang`," kata Holly, seorang pengunjung.

Restoran ini mengoleksi 4.500 foto tempo dulu, 1.500 artefak kuno, dokumen, dan ribuan buku sejarah Kota Malang. Nuansa khas tempo dulu langsung terasa ketika memasuki rumah makan makan sekaligus museum tersebut.


Sejumlah koleksi topeng yang ditata apik di salah satu suduk Rumah Makan Inggil, Malang, Jawa Timur -- MTVN/Ninok

Berbagai benda kuno, seperti sepeda onthel, pemutar piringan hitam, telepon jadul, mesin ketik, mesin jahit, dan radio tertata rapi di setiap sudut. Kesan kuno semakin terasa dengan berbagai foto lama, poster iklan jadul, kutipan sejarah, dan sejumlah topeng yang juga dipajang rapi di sudut resto.

Interior resto menawarkan bangku dan meja atau lesehan. Lantainya masih ubin abu-abu yang dingin dan dindingnya semi permanen.

Tidak hanya interior dan konsep bangunan, kesan tempo dulu juga terasa dari menu hidangan yang ditawarkan Rumah Makan Inggil. Berbagai menu hidangan unik bisa Anda pilih sebagai sajian sambil menikmati berabagi koleksi barang kuno dan antik di sini, antara lain nasi jagung, aneka penyetan, sate ayam, rawon buntut, ikan segar, ayam goreng/bakar, pecel terong, dan nasi goreng.


Telepon dan foto kuno yang semakin sulit ditemukan -- MTVN/Ninok

Minuman tradisional juga tersedia, seperti jamu kebon agung, wedang ronde, wedang jahe, dan sinom. Sambil menikmati menu hidangan, lagu-lagu lama dan tembang-tembang jawa juga senantiasa menemani.

Rasanya? Jelas enak. Apalagi bagi Anda yang suka makanan dengan rasa gurih dan segar. Terutama rawon buntutnya, dagingnya lembut dan menggoda lidah Anda untuk tambah lagi. Aneka sambalnya juga bikin ketagihan.

Harga yang dibanderol Rumah Makan Inggil dijamin tidak akan menguras kantong. Seluruh menu dipatok dari harga Rp2.500 hingga Rp45 ribu.

Di bagian tengah resto terdapat panggung tradisional yang cukup besar. Sedangkan di luar restoran juga terdapat panggung wayang. Jika datang pada hari yang tepat, Anda dapat menikmati pertunjukan di dua panggung tersebut, mulai dari Tari Topeng khas Malang, gamelan, ketoprak, keroncong, hingga dangdut campur sari.


Salah satu panggung yang berada di Rumah Makan Inggil, Malang, Jawa Timur -- MTVN/Ninok


(NIN)