Sejarawan: Indonesia adalah Negeri Empunya Mahakarya

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 22 Nov 2017 10:00 WIB
Sejarawan: Indonesia adalah Negeri Empunya Mahakarya
Menurut sejarawan JJ Rizal, mahakarya yang merupakan pemberian Tuhan bisa juga dikembangkan oleh manusia dan menjadi mahakarya dalam bentuk lain. (Foto: Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Jakarta: Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai mahakarya, baik dari Sang Pencipta maupun karya manusia.

Menurut sejarawan JJ Rizal, mahakarya yang merupakan pemberian Tuhan bisa juga dikembangkan oleh manusia dan menjadi mahakarya dalam bentuk lain.

"Mahakarya buatan manusia merupakan hasil strategi kebudayaan, eksplorasi, dan memanfaatkan hasil karya dari Tuhan. Misalnya karya seni atau mentalitas yang terbentuk dalam diri," terang JJ dalam acara Eksplorasi Mahakarya Kebanggan Indonesia, Selasa 21 November 2017.

Ia memaparkan, terdapat jiwa atau semangat dalam sebuah mahakarya yang muncul selama proses berkarya. Mahakarya tersebut tak hanya dibuat karena kemahiran tangan, namun juga kematangan jiwa sehingga dapat memberi aspirasi dan inspirasi bagi generasi seterusnya.


(Mahakarya yang terdapat di Indonesia juga sifatnya bertahan lama dimana dibuat di masa lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Foto: Jared Rice/Unsplash.com)

(Baca juga: Wisata Alam Indonesia Masih Berpusat pada Pantai)

"Indonesia juga harus bersyukur karena negeri ini empunya mahakarya," tambah JJ.

Definisi dari empu sendiri adalah tukang dengan kemampuan hebat untuk menciptakan suatu karya. Dengan demikian, tak perlu diragukan lagi bagaimana indahnya karya para leluhur Indonesia yang mendapatkan ilham dari mahakarya sebelumnya yang alami dari Tuhan.

Selain itu, mahakarya yang terdapat di Indonesia juga sifatnya bertahan lama dimana dibuat di masa lalu dan masih bertahan hingga saat ini. "Dan otomatis akan bertahan lama karena memberi kepuasan lahir batin dan menginspirasi."







(TIN)