4 Etiket Sederhana Soal Makan

Yatin Suleha    •    Senin, 19 Jun 2017 12:31 WIB
tips & trik
4 Etiket Sederhana Soal Makan
Dalam acara gala dinner misalnya, meja panjang menyajikan banyak menu. Jika semua menu belum tersaji dengan lengkap, hindari memakan makanan terlebih dahulu. (Foto: Pinterest/The Knot)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa etiket seperti tidak menelepon saat Anda sedang makan, atau tidak makan terlebih dahulu sebelum semua sajian datang merupakan salah satu etiket kesopanan saat makan.

Beberapa etiket table manner dalam sebuah acara jamuan, bisa menentukan citra diri Anda di depan umum. Beberapa diantaranya seperti di bawah ini:

(Baca juga: 4 Makanan yang Cukup Memakai Tangan)



1. Makan bersama
Dalam acara gala dinner misalnya, meja panjang menyajikan banyak menu. Jika semua menu belum tersaji dengan lengkap, hindari memakan makanan terlebih dahulu. 

Atau cara lain adalah, menunggu sang punya acara untuk mempersilahkan terlebih dahulu untuk makan, baru Anda bisa memulainya.

Cara selanjutnya, ada kalanya Anda dijamu dengan meja yang cukup panjang dan tamu yang banyak. Jika dalam kondisi seperti ini, Anda diperbolehkan makan asalkan ada beberapa orang yang sudah duduk.



2. Simpan dalam tas Anda
Beberapa benda yang tidak ada hubungannya dengan makan malam Anda, seperti kunci mobil, tablet, smartphone, kacamata, dan lainnya simpanlah di dalam tas Anda.



3. Menerima telepon

"Jika kondisi Anda mengharuskan untuk menerima telepon, biasakan untuk menerimanya di luar meja makan," ucap Farhad Manjoo dari slate.com.



4. Menolak minuman
Jika Anda tidak menyukai wine dalam satu jamuan makan besar, Anda bisa meletakkan jari Anda di atas gelas yang sudah diperuntukan untuk wine. Jangan membalikkan gelas Anda.







(TIN)