Tips Praktis Membuat Roti

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 25 Apr 2018 11:55 WIB
tips memasak
Tips Praktis Membuat Roti
Tak sulit membuat roti bagi Anda yang gemar berkreasi dengan masakan. Namun sebelum membuat, pastikan Anda tahu bahan-bahan dasar pembuat roti. (Foto: Roman Kraft/Unsplash.com)

Jakarta: Roti disukai karena bersifat mengenyangkan. Roti juga tergolong makanan yang bisa dimodifikasi dengan beragam bahan makanan lain. Misalnya, buah-buahan, cokelat, atau daging. 

Tak sulit membuat roti bagi Anda yang gemar berkreasi dengan masakan. Namun sebelum membuat, pastikan Anda tahu bahan-bahan dasar pembuat roti.

"Bahan utama pembuat roti ada empat, yakni tepung terigu, air, garam, dan ragi," ujar konsultan roti senior Herman Achmad. Jika ingin membuat roti, Herman menyarankan memakai tepung dengan kadar gluten tinggi.

"Kandungan gluten yang tinggi mampu menahan gas keluar saat proses fermentasi. Ini yang membuat roti mengembang dan empuk," kata Herman.

(Baca juga: Jenis Roti yang Bagus untuk Penderita Autisme)


(Tak sulit membuat roti bagi Anda yang gemar berkreasi dengan masakan. Namun sebelum membuat, pastikan Anda tahu bahan-bahan dasar pembuat roti. Foto: Calum Lewis/Unsplash.com)
 
Kadar gluten yang tinggi juga membuat proses pengadukan menjadi lebih mudah. Selain itu, jangan lupa tambahkan air garam agar adonan elastis dan stabil.

Peran ragi dalam pembuatan roti juga tak kalah penting. Ragi mengubah karbohidrat dan gula menjadi gas karbondioksida dan alkohol dalam bentuk etanol yang berfungsi mengembangkan adonan dan memberi bau harum pada roti. 

"Untuk membuat roti dasar, komposisi yang baik adalah tepung 100 persen, ragi, dan garam masing-masing 1,5 persen, dan air sebanyak 62 persen," jelasnya. Bila Anda ingin menambahkan gula sebagai pemanis atau pewarna, gunakan sebanyak 15 persen dari jumlah tepung terigu.





(TIN)