Yamanashi, Rumah Gunung Fuji yang Kaya Keindahan Alam

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 16 Jul 2018 15:29 WIB
wisata jepang
Yamanashi, Rumah Gunung Fuji yang Kaya Keindahan Alam
Yamanashi, yang dikenal dengan latar belakang Gunung Fuji jadi bagian dari promosi Pemerintah Prefektur Yamanashi. (Foto: Dok. Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Jakarta: Jepang gencar mempromosikan wisata di negaranya, baik itu alam maupun kemegahan bangunannya. Kali ini, Prefektur Yamanashi menjadi bagian dari promosi mereka.

Wilayah yang dikenal dengan latar belakang Gunung Fuji ini terletak tak jauh dari ibu kota Negeri Sakura, Tokyo. Menempuh perjalanan satu hingga dua jam, keindahan Yamanashi bisa dinikmati.

"Yamanashi merupakan rumahnya Gunung Fuji. Jika Anda ke sini, bisa menikmati keindahan gunung paling terkenal di Jepang dalam empat musim," ucap Gubernur Prefektur Yamanashi Hitoshi Goto, di kediaman Duta Besar Jepang untuk RI, Jakarta, Senin 16 Juli 2018.

Menurut Goto, Yamanashi memiliki keunikan tersendiri bagi mereka yang ingin berlibur ke Jepang. Tak hanya menyajikan keindahan alam, Yamanashi juga memiliki daya tarik di bidang pertanian.


("Yamanashi merupakan rumahnya Gunung Fuji. Jika Anda ke sini, bisa menikmati keindahan gunung paling terkenal di Jepang dalam empat musim," ucap Gubernur Prefektur Yamanashi Hitoshi Goto, di kediaman Duta Besar Jepang untuk RI, Jakarta, Senin 16 Juli 2018. Foto: Dok. Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

"Anggur, persik, plum, ceri, stroberi dan kesemek merupakan buah-buahan unggulan dari Yamanashi. Wilayah kami terkenal dengan Anggur Shine Muscat, di mana daging buah ini kenyal dan tidak berbiji," imbuh dia.

Dia menuturkan, untuk buah kesemek biasanya diproduksi sebagai camilan kesemek kering, sedangkan anggur dibuat sebagai wine.

Goto menambahkan, Yamanashi merupakan penghasil air mineral di Jepang dengan keunggulan delapan mata air. Bahkan, ungkap Goto, 44 persen air mineral di Jepang berasal dari Yamanashi.

(Baca juga: Jepang, Destinasi Tujuan Wisatawan Indonesia)

"Wilayah kami memiliki filter alami sehingga airnya sangat jernih dan segar untuk diminum. Bahkan salah satu dari mata air, ada yang berasal dari Gunung Fuji, yang harus 20 tahun lamanya agar air bisa masuk ke gunung lagi," jelasnya.


(Jepang gencar mempromosikan wisata di negaranya, baik itu alam maupun kemegahan bangunannya. Kali ini, Prefektur Yamanashi menjadi bagian dari promosi mereka. Foto: Dok. Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Budaya Yamanashi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Koordinator Pariwisata Hubungan Internasional Dunia (Indonesia) dan Divisi Pertukaran Departemen Pariwista, Pemerintah Prefektur Yamanashi Fadly Agustimahir menuturkan, pada bulan Agustus hingga November merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi Yamanashi karena banyak pertunjukkan menarik.

"Akan ada parade samurai terbesar yang dibuka untuk umum pada November mendatang, selain itu ada festival kembang api pada 7 Agustus dan festival api pada 26 Agustus nanti," ungkapnya.

Prefektur Yamanashi juga memberikan kemudahan bagi para pelancong Muslim dengan menyediakan wisata halal. Selain itu, tempat ibadah, seperti misalnya Mushola sudah disediakan pemerintah dengan bantuan tempat penginapan di wilayah Yamanashi.





(TIN)