Lakukan Ini Jika Keju Sudah Berjamur

Raka Lestari    •    Rabu, 19 Dec 2018 14:19 WIB
tips & trik
Lakukan Ini Jika Keju Sudah Berjamur
Keju merupakan bahan makanan yang penyimpanannya perlu diperhatikan. (Foto: Alice Donovan Rouse/Unsplash.com)

Jakarta: Keju merupakan bahan makanan yang penyimpanannya perlu diperhatikan. Hal ini karena jika keju tidak disimpan dengan benar maka kualitas keju pun akan cepat rusak sehingga terjadi perubahan baik dari segi rasa maupun kandungan vitaminnya ketika dimasak.

Terutama keju yang sudah dibuka dari kemasannya atau sudah dipotong, sebaiknya disimpan di lemari pendingin untuk mencegah terjadinya penurunan kualitas keju.

Namun salah satu permasalahan yang sering dijumpai adalah keju yang berjamur. Lalu bagaimana cara menangani keju yang berjamur?

(Baca juga: Keju Sebaiknya Tak Diolah pada Suhu Tinggi)


(Keju merupakan bahan makanan yang penyimpanannya perlu diperhatikan. Foto: Ilustrasi. Dok. Gustaf Lindqvist/Unsplash.com)

“Karena keju itu kan harganya mahal ya, jadi sayang sebenarnya kalau dibuang. Jadi untuk lebih hemat, bisa dengan menghilangkan bagian keju yang sudah berjamur tersebut," ujar Prof. Dr. Ir Nuri Andarwulan, Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Tachnology (SEAFAST) dalam acara pemaparan mengenai keamanan makanan bersama Nestle Indonesia, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 19 Desember 2018.

"Karena keju memiliki tekstur yang padat sehingga kapang atau jamur pun akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyebar,” tukasnya lagi.

Ia juga menambahkan, biasanya kapang atau jamur pada makanan tidak akan tumbuh jika tidak terpapar udara.

“Itulah mengapa ketika bagian keju yang belum terkena jamur sebenarnya masih bisa dimakan karena bagian tersebut biasanya masih belum terpapar udara sehingga citarasa kejunya pun masih seperti keju segar.”




(TIN)