Mengapa Soda Lebih Segar jika Dikemas dalam Botol Kaca?

Raka Lestari    •    Rabu, 02 Jan 2019 12:41 WIB
minuman kemasan
Mengapa Soda Lebih Segar jika Dikemas dalam Botol Kaca?
Minuman bersoda dikemas dalam botol kaca akan segar lebih lama karena jauh lebih sulit bagi CO2 atau karbon dioksida untuk melewatinya. (Foto Ilustrasi: Francesco Gallarotti/Unsplash.com)

Jakarta: Minum soda di tengah-tengah cuaca yang panas tentu sangat menyegarkan tenggorokan. Namun mungkin tidak banyak dari Anda yang menyadari bahwa soda yang dikemas pada botol kaca memiliki rasa yang lebih enak dan segar dibandingkan dengan cara penyimpanan lainnya.

Cara menyimpan soda menyebabkan adanya perbedaan rasa. Hal tersebut terjadi karena adanya alasan ilmiah di balik hal tersebut.

Dilansir dari Reader's Digest, kemasan soda di botol plastik dapat lebih banyak melepaskan karbon dioksida dibandingkan kemasan kaca dan kaleng. Dalam artian karbon dioksida atau buih-buih soda akan bocor keluar dari botol plastik jauh lebih cepat daripada botol kaca atau kaleng. 


Pernahkah Anda memperhatikan bahwa soda yang dikemas dalam botol plastik yang disimpan di lemari es rasanya sudah tidak begitu enak setelah beberapa minggu, meskipun belum dibuka? Hal ini karena botol plastik juga memiliki lapisan asetaldehida, yang dapat menyatu ke dalam rasa soda sehingga terkadang memberikan sedikit sensasi rasa plastik.

Soda yang dikemas dalam botol kaca akan segar lebih lama karena jauh lebih sulit bagi CO2 atau karbon dioksida untuk keluar. Rasa soda tidak akan menjadi hambar dan akan tetap terasa segar ketika Anda membukanya.

Satu-satunya kekurangan dalam penggunaan botol kaca adalah botol kaca lebih mahal sehingga Anda akan mendapatkan isi yang lebih sedikit. Tapi, Anda bisa mengatasinya dengan memilih soda yang dikemas dalam kaleng yang juga lebih permeabel daripada plastik, kemudian langsung tuangkan ke dalam gelas kaca. 

Cooking with Chef Hans: Tropical Pancake



(FIR)