Melepas Penat di Arborea, Kafe Asri di Kawasan Hutan Jakarta

Dhaifurrakhman Abas    •    Sabtu, 17 Nov 2018 15:13 WIB
restorankuliner
Melepas Penat di Arborea, Kafe Asri di Kawasan Hutan Jakarta
Arborea Cafe (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)

Jakarta: Banyak yang bilang cuaca di Ibu Kota akhir-akhir ini sedang galau. Kadang hujan, mendung, kadang terik. Sesukanya saja.

Sama halnya dengan hari ini. Mentari seolah mendapatkan momentumnya. Ia bersinar terang sampai terasa di ubun-ubun kepala. Panas.

Kalau begini ceritanya, menjajal minuman segar sambil mencicipi camilan ringan di bawah pohon rindang menjadi pilihan tepat bukan? Tapi, apa bisa mencari lokasi tersebut di wilayah metropolitan?

Semua pertanyaan tadi terjawab ketika kami mengunjungi Arborea Cafe. Lingkungan di sini asri, berada di kawasan hutan kota Arboretum, Manggala Wanabakti.

Kafe berornamen kayu ini terletak di area komplek Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK). Diresmikan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada Agustus lalu.

Tujuannya, untuk menyemarakkan Asian Games 2018 lalu. Sekaligus sebagai destinasi wisata para tamu, atlet maupun pengunjung yang berasal dari berbagai negara di Asia.


Arborea Cafe (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)

Menu

Soal harga, Arborea Cafe menawarkan menu makanan dan minuman yang pas buat ukuran kantong mahasiswa. "Dua puluh ribuan" untuk minuman, "enam ribuan" untuk makanan.

Menu yang disediakan kafe ini pun hanya seputar minuman mulai dari kopi, cokelat, teh dan jus. Sementara untuk makanannya hanya meliputi bakery dan pastry serta kudapan tradisional.

Berhubung cuaca terik, kami memesan Ice Crunchy Coffe, Ice Lychee Tea, dibarengi pisang goreng sebagai cemilannya. Proses pemesanan terbilang cepat. Tidak sampai lima menit, pesanan siap hidang.


Arborea Cafe (Foto: Medcom/Dhaifurrakhman Abas)

Kafe ini terdiri dari tiga lantai. Begitupun tiga cara untuk menikmati santapan yang Anda pesan.

Untuk menikmati hidangan disediakan bangku hanya untuk 16 orang di lantai bawah. Sementara jika ingin menikmati sofa Anda bisa naik ke lantai dua. Atau memilih duduk lesehan di lantai tiga maupun di bagian teras cafe.

Menyantap menu di tengah kepadatan arus lalu-lintas

Lokasi di Arborea Cafe memang menyejukan, dikelilingi pohon-pohon yang cukup lebat. Namun tak bisa dibohongi, raungan kendaraan bermotor cukup jelas terdengar dari sini.

Mahfum, meskipun terletak di area komplek Kemen LHK, lokasi Arborea menjorok ke Jalan Gatot Subroto, dekat gerbang tol Pejompongan. Meski begitu, beberapa pengunjung terlihat tak peduli.

Mereka asyik menjepret gambar, berswafoto dan membawa hewan peliharaan berjalan-jalan di lokasi tersebut. Anda juga bisa belajar banyak mengenai nama flora di sini.

"Cocok untuk generasi milenials," kata Staff Arborea Cafe, Putera, ketika berbincang dengan Medcom.id, Jumat 16 November 2018.



Sayangnya, banyak pengunjung yang hanya sekadar memanfaatkan ruang untuk eksistensi, menjempret foto. Sisa sampah tidak dibuang, dibiarkan tergeletak begitu saja.

Padahal tempat sampah tersedia di setiap sudut kafe. Walhasil, staff kafe yang berjumlah empat orang sibuk mondar-mandir membersihkan ruang sekaligus menjamu tamu dari kasir.

"Mereka (pengunjung) sudah terlalu dewasa untuk diberitahu bro. Seharusnya mengerti. Lingkungan bukan cuma buat berfoto, tapi juga dilindungi," keluh Putera yang terlihat sibuk memungut sampah makanan pengunjung.

Pengunjung di Arborea Cafe cukup ramai. Ketika kami tiba, ada sekitar 30-an orang sedang nongkrong di sini. Semakin petang, jumlah pengunjung semakin membeludak.

"Paling ramai pas weekend. Banyak yang kehabisan menu juga," kata Putera melanjutkan.

Nah jika tak mau kehabisan menu makanan di sini, Anda bisa singgah ke Arborea Cafe dari pukul 08.00-20.00 WIB setiap hari. Dijamin pas buat Anda yang sedang ingin mencari keheningan di tengah kepadatan kota Jakarta. Silakan kunjungi!

 


(ELG)