Tips Memilih Buah Stroberi

Raka Lestari    •    Jumat, 15 Jun 2018 10:13 WIB
kesehatanproduksi buah lokal
Tips Memilih Buah Stroberi
Strawberry (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pada musim panas seperti sekarang ini, salah satu buah-buahan yang mungkin akan mudah ditemui adalah stroberi. Namun sebelum Anda membelinya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu cara terbaik dalam memlih buah stroberi. Dikutip dari TODAY, berikut ini adalah beberapa cara memilih buah stroberi terbaik: 

1. Belilah yang lokal 

Menurut Elizabeth Heiskell, seorang petani dari Amerika Serikat, buah berry terutama raspberry sangatlah rapuh maka itu cukup menjadi tanda tanya jika itu dijual di supermarket-supermarket. Buah beri yang terdapat di supermarket-supermarket biasanya diambil dari tempat yang cukup jauh, sehingga akan lebih kering dan kehilangan rasa. Jadi jika Anda bisa, dapatkan buah berry dari pasar, pilih sendiri atau pergi ke supermarket yang Anda tahu sering menerima pengiriman buah lokal.

2. Menyimpannya dengan baik

Menurut Heiskell, sesaat Anda sudah membelinya, sebaiknya langsung dikeluarkan dari wadahnya. Ia menyarankan untuk menyimpannya dalam wadah kaca dengan dilapisi handuk kertas dan meratakannya agar sirkulasi udara tetap terjaga dan tidak membuat stroberi menjadi mudah busuk. 

3. Bekukan untuk digunakan di kemudian hari

Jika Anda membeli buah stroberi yang sudah terlalu matang, Anda bisa membekukannya agar masa penyimpanannya pun lebih lama dan bisa dipakai di kemudian hari. Anda bisa menggunakannya sebagai smoothie yang sangat baik. 

4. Mencucinya terlebih dahulu

Buah beri tidak boleh dicuci sampai sesaat Anda akan memakannya atau memasaknya. "Ketika Anda mencuci mereka, mereka akan menjadi cepat rusak," kata Heiskell. Cuci dengan lembut buah beri, tiriskan dengan baik, lalu keringkan di antara dua lapisan handuk kertas. 

5. Berikan pemanis tambahan pada buah yang belum terlalu matang

Jika Anda memilih buah stroberi yang belum terlalu matang, Anda bisa menambahkannya dengan sedikit gula. Menurut Heiskell, Anda bisa menambahkan jus jeruk untuk meningkatkan rasa manis dari buah stroberi itu sendiri. 

 




(ASA)