Tips agar Pisau Dapur Tidak Cepat Tumpul

Raka Lestari    •    Selasa, 17 Apr 2018 13:05 WIB
tips memasak
Tips agar Pisau Dapur Tidak Cepat Tumpul
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Penggunaan yang tidak tepat dapat membuat pisau menjadi cepat tumpul. Tentu Anda kesal bukan, jika pisau untuk memotong daging dan buah tak bisa digunakan. Pisau yang tumpul tentunya juga akan memperlambat pekerjaan memasak Anda.

Rider's Digest memberikan tips agar pisau Anda tidak mudah tumpul seperti dibawah ini. 

Jangan memotong makanan di atas kaca atau menggunakan alas pemotong berbahan marmer 
Jenis alas pemotong yang terbuat dari kaca atau marmer memang mudah dibersihkan, namun bisa membuat pisau Anda cepat tumpul. Alas pemotong yang paling baik adalah yang terbuat dari kayu, dan pada posisi kedua yang paling bagus adalah yang terbuat dari bahan plastik. 

Jangan pernah menggunakannya untuk memotong roti 

Menggunakan pisau bisa untuk memotong roti bukan hanya akan merusak tekstur roti tetapi juga bisa membuat pisau Anda cepat tumpul. Pinggiran roti yang keras akan merusak ketajaman pisau Anda. Untuk memotong roti, gunakan pisau dengan pinggiran bergerigi agar tekstur roti bisa tetap utuh dan tidak menghancurkan bagian dalam roti. 

Jangan gunakan untuk memotong bahan-bahan beku 

Ketika ingin memotong bahan-bahan yang sudah beku, sebaiknya tunggulah bahan tersebut sampai cair. Sebab, jika Anda tetap memaksakan untuk memotong bahan-bahan yang beku, tidak hanya akan membuat pisau Anda menjadi tumpul namun juga bisa membuat pisau Anda patah. 


Lihat video:




(DEV)