Budaya dan Kuliner Semarang Menarik Minat PM Belanda

Elang Riki Yanuar    •    Sabtu, 26 Nov 2016 17:20 WIB
kuliner nusantara
Budaya dan Kuliner Semarang Menarik Minat PM Belanda
Budaya dan Kuliner Semarang Menarik Minat PM Belanda (Foto: dok. rijsttafest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rijsttafest, festival bertema sejarah selesai digelar pada 22-23 November 2016. Acara yang digelar di Gedung Oudetrap dan Taman Srigunting berlangsung meriah dan dihadiri ribuan orang.

Rijsttafest dihadiri langsung oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Wakil Walikota Hevearita G. Rahayu. Pemberian kalung anggrek dan tulip serta wayang suket karakter Bima kepada Rutte di pintu masuk langsung disambut sorak-sorai pengunjung.

Pameran makanan khas Semarang pun turut menjadi penarik Mark Rutte yang menikmati beragam menu makanan. Semarang sendiri merupakan daerah dengan banyak pengaruh budaya, yaitu Belanda, Tiongkok, Arab, dan pribumi sendiri. Makanan yang ditampilkan dan boleh dinikmati semua pengunjung, harapannya supaya dapat merasakan bagaimana bentuk akulturasi budaya-budaya tersebut.

Rijsttafest serial Kota Semarang dengan tema "Jalan Raya Pos" ini dimeriahkan oleh penampilan Semarang Night Carnival, Gambang Semarang, Keroncong Juice, yang ikut menyambut kedatangan Rutte ke dalam Gedung Oudetrap.

Di area pameran, Rutte melihat-lihat pameran yang melibatkan komunitas lokal, seperti Lopen, Oase, KPS, Onthel, dan Sketchwalk.

"Acara ini akan diadakan lagi berikutnya. Kami memang sedang serius menata dan mempromosikan Kota Lama ke kancah internasional," kata Hevearita atau yang akrab disapa Mbak Ita dalam keterangan tertulisnya.

Pada puncak acara Hevearita mengumumkan pemenang lomba selfie dan penutupan Rijsttafest serial Semarang yang disertai pertunjukan kembang api.

"Acara ini sukses menghadirkan kesan sejarah yang apik, dalam penataan yang tepat bagi anak muda,” kata Hendrawan, salah satu pengunjung Rijsttafest.

 


(ELG)