Menanti Sang Surya dari Wisata Alam Posong

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 20 Oct 2017 21:46 WIB
wisata jawa tengah
Menanti Sang Surya dari Wisata Alam Posong
Wisata Alam Posong, letaknya ada di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. (Foto: Metrotvnews.com/Pelangi Karismakristi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bayangkan jika Anda sedang berada di sebuah tempat dengan hawa pegunungan yang segar. Di sana Anda sedang menantikan hadirnya surya yang akan segera menyingsing. 

Biasanya menikmati datangnya mentari harus dengan perjuangan ekstra, yakni melakukan pendakian di sebuah bukit dan bahkan berada di puncak gunung. Tapi berbeda dengan yang satu ini, melihat sunrise di lokasi yang satu ini tak memerlukan perjuangan ekstra.

Wisata Alam Posong, letaknya ada di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Posong menawarkan pemandangan matahari terbit yang tak kalah cantiknya dengan Bukit Sikunir di Dieng dan tempat serupa lainnya.


(Wisata Alam Posong, letaknya ada di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab. Foto: Metrotvnews.com/Pelangi Karismakristi)

Aksesnya cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari arah Wonosobo, ambil saja jalur menuju Temanggung, letaknya tak jauh dari tugu perbatasan Wonosobo-Parakan. Apabila Anda dari Yogyakarta, ambil arah Secang dan ikuti jalan hingga melewati kota Temanggung.

Menuju Posong, Anda akan menemukan gapura kecil bertuliskan Posong. Jalanannya cukup sempit, karena hanya bisa dilewati satu mobil, pun cukup terjal.

(Baca juga: RRREC Fest in The Valley 2017, Sajian Lengkap Berlibur Panjang)

Tapi di balik itu, Anda bisa sambil menikmati pemandangan sekitar yang begitu menakjubkan. Disarankan untuk berangkat pada pukul 03.00 WIB agar sampai di sana Anda tak ketinggalan momen menilik matahari terbit.


(Pilih spot terbaik untuk berfoto. Foto: Metrotvnews.com/Pelangi Karismakristi)

Sampai di sana, Anda pun bisa langsung memilih spot terbaik. Bahkan dari parkiran pun, sang surya tak pelit membagikan keelokannya. 

Di sana juga tersedia beberapa gazebo bagi para wisatawan untuk menikmati sunrise. Anda juga bisa menanti mentari sembari duduk dan minum segelas kopi juga gorengan yang tersaji hangat.

Detik-detik tak lama lagi matahari merekah dengan sinar warna oranye. Ditambah lagi awan yang bergumul, bak melihat gumpalan kapas putih di cakrawala. 

Anda pun bisa menyaksikan gagahnya deretan pegunungan di Jawa Tengah. Antara lain Sindoro, Sumbing, Merapi, Telomoyo dan Merbabu.


(Wisata Alam Posong, menawarkan wisata matahari terbit. Foto: Metrotvnews.com/Pelangi Karismakristi)

Anda bisa mengajak keluarga dan orang terkasih ke Posong di akhir pekan ini. Tiketnya pun tak membuat kantong kering, Anda cukup merogoh kocek Rp10 ribu saja, sudah bisa menikmati pemandangan Posong yang begitu indah.

Salah satu wisatawan lokal mengatakan dirinya sangat terkesan akan keindahan sunrise Posong. Ini baru pertama kalinya Racitra pergi ke Posong, dia pun ketagihan ingin kembali lagi ke sini.

"Kalau di sini mau liat sunrise tidak perlu effort mendaki. Dari sini (gazebo dekat parkiran) saja sudah bisa menikmati sunrise, pemandangannya juga bagus sekali," kata Racitra sambil menyeruput segelas teh hangat ini. Bagi yang belum punya destinasi wisata di akhir pekan, Posong bisa menjadi alternatif liburan singkat Anda.  









(TIN)