Tips Membersihkan Penggiling Kopi setelah Digunakan

Raka Lestari    •    Minggu, 10 Dec 2017 10:56 WIB
tips & trik
Tips Membersihkan Penggiling Kopi setelah Digunakan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menggiling kopi sendiri dapat menghasilkan rasa kopi yang lebih enak dibandingkan jika Anda membeli kopi dalam kemasan. Menggunakan penggiling kopi sekitar setengah jam sebelum Anda menyeduh kopi tentu akan memberikan Anda kopi dengan cita rasa terbaik.

Namun, itu artinya Anda harus mau repot membersihkan penggiling kopi usai memakainya. Tidak segera mencuci penggiling kopi bisa menyebabkan menempelnya sisa-sisa biji kopi, dan tentunya akan memengaruhi hasil gilingan kopi Anda setelahnya.

Dilansir dari The Kitchn, Anda tidak perlu repot-repot mencari alat untuk membersihkan penggiling biji kopi. Anda cukup menggunakan beras.

Tuangkan seperempat) cangkir beras ke dalam alat penggiling kopi, dan biarkan penggiling kopi menghancurkan beras sampai halus. Setelah halus, keluarkan bubuk beras dari alat penggiling kopi. Ambil kain lembab dan usapkan pada mata pisau alat penggiling kopi. Beras digunakan karena tidak memiliki efek apapun yang bisa mengubah aroma atau rasa dari biji kopi yang akan digiling.

Seteleah selesai, Anda bisa menggiling biji kopi Anda kembali tanpa khawatir ada sisa-sisa biji kopi yang tertinggal.


 


(DEV)