Sensasi Negeri di Atas Awan ala Lumajang

Fitra Iskandar    •    Rabu, 10 May 2017 14:11 WIB
potensi wisata
Sensasi Negeri di  Atas Awan ala Lumajang
Berbagai pemandangan di Puncak B 29. (Foto-foto: Sendy Aditya P)

Metrotvnews.com, Lumajang: Negeri di atas awan. Ini sebutan lain untuk Puncak B 29, destinasi wisata di Kabupaten Lumajang. Tempat ini memang dapat membuat Anda melihat awan yang berarak lebih rendah dari tempat Anda berdiri.

Puncak B 29 adalah nama sebuah dataran puncak  di Desa Argosari, Kecamatan Senduro. Seperti namanya, puncak ini memiliki ketinggian 2900 mdpl. Masyarakat setempat menyebut juga Songolikur (bahasa Jawa yang berarti 29). 


Desa Argosari menjadi pintu masuk menuju Puncak B 29.

Panorama yang bisa anda nikmati dari ketinggian ini adalah padang savana, Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan Kabupaten Lumajang. Puncak B29  juga menawarkan sensasi yang menarik bagi wisatawan. Anda akan menyaksikan awan dari atas; pemandangan yang sebelumnya mungkin hanya bisa Anda saksikan dari balik jendela pesawat.  Sebab itu, puncak ini juga dikenal dengan julukan ‘negeri di atas awan’.
 

Destinasi Menarik Lain di Lumajang: Tumpak Sewu Si Cantik yang Cukup Liar



Puncak B 29  masuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tidak perlu terlalu berusah payah mendaki untuk mencapai puncak, karena  Anda bisa menggunakan motor menuju lokasi lalu menikmati hamparan kaldera dan puncak Bromo serta Semeru.  Wisatawan dapat mencapainya dengan menyewa ojek sekitar Rp100 ribu pulang-pergi, atau membawa motor sendiri.



Jika sampai di puncak pemandangan indah menjadi hidangan alam yang bisa dinikmati pengunjung, sementara perjalanannya menuju lokasi bisa jadi cerita sendiri yang tak kalah seru. Perjalanan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit dari titik Rest Area, atau titik di mana anda bisa bertemu para tukang ojek yang akan mengantar pengunjung ke puncak B 29.  

Sebelum  berkunjung ke puncak B 29  pada April lalu,  rombongan kami sempat menginap di sebuah home stay dan berangkat sekitar pukul 4 pagi. Tujuannya untuk mengejar pemandangan matahari terbit (sunrise).


Salah satu titik jalur yang bikin 'olahraga jantung'. Foto: MTVN

Meski telah memakai jaket dan kaos berlapis, udara dingin tetap menusuk. Peralatan luar ruang  khusus untuk alam bertemperatur dingin, wajib Anda siapkan, jika tidak ingin tersiksa dengan dinginnya Puncak B 29.

Ojek yang mengantar kami, dengan sigap melahap jalur menanjak yang lebarnya  tidak sampai dua meter.   Di sebagian jalan,  tantangan alamnya cukup ekstrem yaitu hanya berupa jalur tanah yang sekitar setengah meter lebarnya dengan di kiri atau kanan langsung bersisian dengan bibir lereng.


Separuh perjalanan bisa dilalui dengan nyaman, sebelum Anda bertemu jalanan tanah yang sempit di bibir lereng.

Motor-motor yang digunakan umumnya berjenis motor semisport. Sepertinya motor  jenis itu menjadi pilihan karena  lebih kuat menanjak dan membawa beban.  Harus diakui, kepiawaian para tukang ojek ini patut diacungi jempol. Dalam kondisi gelap, jalur-jalur tanah yang kadang basah dan beralur dalam bisa  mereka terabas. Tinggal penumpang yang belum pernah naik motor di pinggir-pinggir lereng, pasti merasa mencekam sepanjang perjalanan.

Saat kami pulang,  sekitar pukul sembilan pagi, situasinya lebih rileks, karena  udara mulai hangat, dan jalanan bisa terlihat dengan jelas. Lereng-lereng di pinggir jalan meski curam, sebenarnya relatif tidak terlalu berbahaya karena merupakan perkebunan bawang prei. 


Saat awan tak nampak di Puncak B29. (Foto: MTVN)

Di Puncak B 29, terdapat dataran  yang lumayan luas. Lebih kurang sebesr lapangan sepakbola. Pengunjung bisa bermalam dengan membuka tenda di sini. Yang paling asyik tentu bila cuaca tidak terlalu berangin.

Bila kebetulan cuacanya berangin,  terutama di pagi dan siang hari, pemandangan ‘negeri di atas awan’ kemungkinan besar tidak bisa Anda temui karena hamparan kaldera tidak tertutup awan. Kabar baiknya anda bisa melihat dengan jelas hamparan kaldera dengan pasir abu-abunya. Pemandangan ini juga tak kalah indah untuk latar berfoto ria.




(FIT)