Beberapa Kesalahan Membuat Salad yang Sering Dilakukan

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 31 Jul 2018 12:10 WIB
tips & trik
Beberapa Kesalahan Membuat Salad yang Sering Dilakukan
Salah satu kebiasan orang saat mengonsumsi salad adalah tidak mengaduknya dengan rata. (Foto: Jay Wennington/Unsplash.com)

Jakarta: Semangkuk salad baik bagi tubuh Anda karena mengandung serat dari buah-buahan serta sayuran segar. Namun dikutip dari WebMD, ada beberapa kesalahan yang dilakukan saat membuat salad, yaitu:

1. Melupakan protein
Ketika orang-orang mengeluh bahwa salad tidak cukup mengenyangkan dikarenakan kombinasi yang dibuat tidak cukup protein. Ayam panggang, tuna kaleng, atau steak adalah pilihan yang baik dan menawarkan protein berkualitas tinggi. Selain daging, Anda juga bisa memilih Quinoa tahu, kacang, dan lentil panggang. 

(Baca juga: Salad Buah dalam Hitungan Detik)

2. Menggunakan dressing bebas lemak
"Menyantap salad dengan dressing bebas lemak merupakan kesalahan fatal," tulis dalam laman yang sama. Menurut sebuah penelitian, Anda tidak akan menyerap karotenoid yang terkandung pada semua sayuran jika mengonsumsinya dengan saus bebas lemak. 

Oleh karena itu sangat disarankan menggunakan saus penuh lemak. Selain untuk menyerap nutrisi, saus penuh lemak juga dapat membuat Anda merasa kenyang.


(Ketika orang-orang mengeluh bahwa salad tidak cukup mengenyangkan dikarenakan kombinasi yang dibuat tidak cukup protein. Anda bisa menambahkan ayam panggang atau tuna kaleng. Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

3. Melupakan buah segar
Beberapa orang menumpuk buah kering seperti cranberry kering atau ceri kering untuk menambahkan rasa dan warna. Tapi buah segar, seperti irisan stroberi atau apel adalah pilihan yang lebih baik. Selain menambah rasa, buah segar juga mengandung cairan yang tentunya dapat mengenyangkan.

4. Tidak mengaduk saus dengan rata
Salah satu kebiasan orang saat mengonsumsi salad adalah tidak mengaduknya dengan rata. Kebiasaan ini mengakibatkan hanya sebagian olahan yang terkena saus dan membuat tidak begitu menyenangkan.

Oleh karenanya, disarankan untuk mengaduk dengan rata terlebih dahulu menggunakan penjepit atau garpu. Dengan begitu, Anda dapat menikmati setiap gigitan salad.





(TIN)