Ketahui Perbedaan Latte, Capuccino, dan Flat White

Raka Lestari    •    Senin, 09 Apr 2018 15:52 WIB
kopi
Ketahui Perbedaan Latte, Capuccino, dan Flat White
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kopi bukan sekadar minuman, tetapi telah menjadi gaya hidup. Tak heran, jika kita bisa dengan mudah menemukan kedai kopi dimana-mana saat ini. 

Semakin modern kedai kopi, semakin banyak juga varian menunya. Latte, capuccino, dan flat white termasuk beberapa yang populer. Namun, tahukah Anda perbedaan antara tiga menu tersebut?

Sekilas ketiganya terlihat mirip, tetapi sebenarnya jika Anda perhatikan lebih dalam antara Latte, capuccino, dan flat white terdapat perbedaan. Perbedaan pertama adalah ukuran cup. 

Latte paling baik disajikan dalam cangkir kertas berukuran 240 ml, sedangkan flat white paling baik disajikan dalam cangkir kertas berukuran rata-rata 160 ml, dilansir dari Metro.  Capuccino seringkali disajikan dengan ukuran yang mirip dengan flat white, namun sama seperti latte, perbedaan antara capuccino dengan flat white berada pada segi komposisinya. 

Flat white terdiri dari satu atau dua shots espresso tetapi microfoamed milk yang biasa digunakan memiliki tekstur lembut  tanpa adanya busa pada bagian atas sehingga susu akan langsung mengalir menembus kopi. Pada latte digunakan steamed milk dengan gelembung yang lebih besar sehingga ada sedikit busa di atasnya.

Sedangkan cappuccino dibuat menggunakan busa dengan gelembung yang lebih besar dan disajikan diatas kopi. Seringkali, Anda akan mendapatkan taburan parutan cokelat atau cokelat di atas cappuccino Anda.


Lihat video:




(DEV)