Bintan Perbesar 'Kantung' Ajang Sport Tourism

M Studio    •    Selasa, 30 Aug 2016 12:10 WIB
berita kemenpar
Bintan Perbesar 'Kantung' Ajang Sport Tourism
Ironman 70.3 Bintan (Foto:Antara/Yuli Seperi)

Metrotvnews.com, Bintan: Jika pariwisata diibaratkan celana, maka tak salah jika diumpamakan kantung sisi kanan adalah Bali, kantung kiri Jakarta, dan kantung belakang Kepri (Bantam, Bintan).

Ketiga kantung utama itu acap kali disebut 3 Greater. Selain membuat kantung-kantung baru, salah satu yang didorong Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya adalah memperbesar kapasitas kantung yang sudah ada.

"Target besar harus diikuti dengan kesiapan 3A (Akses, Atraksi, dan Amenitas) yang besar pula," kata Arief Yahya, di Jakarta.

Bintan, misalnya. Memiliki atraksi manmade seperti sport tourism dan event tourism yang mulai populer di Singapura dan Malaysia. Nature-nya, sudah pasti memiliki keunggulan dan menjadi komplementer buat Singapore yang tidak memiliki pantai, hutan, bakau dan bawah laut.

"Perhelatan Wonderful Indonesia Ironman 70.3 Bintan, pada 27 -28 Agustus 2016, di Lagoi Bintan adalah contoh konkret. Begitu ada event, maka kapasitas akomodasinya tidak cukup," kata Arief Yahya.

Hari Jumat-Sabtu-Minggu, atau weekend semakin sulit mendapatkan kamar di Bintan. Sementara agenda events di sana sudah regular, internasional dan besar-besar. Sport tourism menjadi lokomotif yang bisa men-drive pasar wisman dari Singapore.

"Sekarang ada satu bandara, 12 hotel, 2 ribu kamar. Tahun 2019 nanti, kami mentargetkan 5.000 kamar untuk wisatawan. Kami menambah amenitas, dan tentu harus melengkapi atraksinya dengan baik," ujar Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam yang juga diamini General Grup Manager  PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab.

Dalmasri mengatakan, setelah sukses menggelar lomba balap sepeda 'Tour de Bintan', Bintan Triathlon, dan Ironman. Menyusul akan digelar lomba lari Spartan, Turnamen Gol International, dan Moon Race (lomba lari malam hari), menjadikan Bintan sebagai ajang olahraga untuk memancing daya tarik wisatawan. "Kami akan mempersiapkan diri.  Terima kasih Kementerian Pariwisata yang konsisten mendukung event di Bintan," kata Dalmasri.

Bintan menjadi daerah yang aktif menggelar sport tourism. Saat ini, daerah yang masuk ke Kepulauan Riau itu sedang menggelar perhelatan berkelas internasional dan terus menjaga even-eben sejenis agar tren sport tourism di Bintan terus terjaga.

"Okupansi Hotel saat ini sudah 100 persen dengan 2.000 kamar untuk 1.200 peserta yang datang dengan para keluarga dan pendukungnya. Tentunya "kantung" kamar hotelnya masih kurang jika events terus berkembang di sana. Tanpa event saja, okupansi Hotel selalu menembus 60 persen," tambah Abdul Wahab.   

Seperti diketahui, 1.200 peserta dari 51 negara mengikuti lomba triathlon Ironman 70.3 yang mengambil start di tepi Pantai Lagoy Bay, Minggu, 28 Agustus 2016. Salah satu peserta adalah legenda dunia, Cameron Brown dari Selandia Baru.

Tiga kategori lomba yang dipertandingkan dengan jarak tempuh 112.9 Kilometer yang terdiri, renang yang menempuh jarak 1.9 Kilometer, sepeda (90 kilometer), dan lari (21 kilometer) itu memperebutkan hadiah utama sebesar USD5 ribu.

Cameron Brown yang memenangkan perlombaan sebelumnya di 2014, ingin mengulang prestasinya kali ini. Selain Brown. Brown memiliki gelar mengesankan dengan 5 kali naik podium pada kejuaraan di Kona dan tercatat 12 kali memenangkan gelar Ironman di Selandia Baru. Kali ini, ia akan bersaing dengan atlet asal Australia, David Dellow dan Clayton Fetell.

"Saya akan mencoba untuk mempertahankan gelar juara. Meski persaingan cukup ketat. Saya sangat senang berlomba di Bintan ini karena memiliki banyak pemandangan yang indah, udara yang bagus dan pantai yang sangat menawan," papar Brown.

Pada bagian putri juga tampil atlet wanita dunia asal Australia, Kate Bevilaqua akan mendapat tantangan dari atlet Australia, Alise Sesmark dan Amanda Wilson. Bevilaqua yang baru pertama kalinya tampil di Indonesia itu membidik podium juara. Meski, menurutnya harus bertanding di tengah cuaca terik.

"Indonesia adalah negara tropis yang memiliki cuaca panas cukup terik. Tapi, semoga dalam lomba kali ini cuacanya tidak begitu menyengat dan menguras energi, tapi kami enjoy karena dikelilingi penmandangan yang indah," ungkapnya.

Sementara, dari dalam negeri juara Bintan Triathlon dan atlet triathlon nasional, Oscar Feryanto ikut bersaing dengan para peserta asing. Selain itu, masih ada atlet Indonesia lainnya seperti, Sutardi Huang, dan Tang Yanshen yang akan tampil.


(ROS)