5 Destinasi Wisata di Taipei yang Bisa Dijangkau dengan MRT

Harianty    •    Selasa, 07 Nov 2017 16:54 WIB
wisata asia
5 Destinasi Wisata di Taipei yang Bisa Dijangkau dengan MRT
Balai Peringatan Chiang Kai-Shek tampak dari luar (Foto: Metrotvnews.com/Harianti Zeng)

Metrotvnews.com, Taipei: Taiwan merupakan pulau di kawasan Asia Timur yang menjadi salah satu tujuan wisata para traveler. Berbatasan dengan Jepang, Taiwan lewat kota bernama Taipei tak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menjadi surga bagi pecinta belanja dan kuliner.

Untuk Anda yang memiliki rencana berlibur ke Taipei, berikut destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Untuk transportasi, tak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan MRT sehingga perjalanan Anda lebih mudah.

1. Wisata Alam Maokong

Salah satu wisata alam kota Taipei yang menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara adalah Maokong. Tempat ini menyajikan laskap pegunungan, dan menjadi salah satu daerah penghasil teh terbesar di wilayah Utara.


Pemandangan dari gondola (Foto: Metrotvnews.com/Harianty Zeng)

Untuk ke sana, Anda bisa menggunakan transportasi MRT Jalur Cokelat (Wenhu) dan turun di stasiun Taipei Zoo. Saat ini, Mao Kong memprioritaskan pariwisata dan rekreasi yang mengkombinasikan seni minum teh tradisional sambil menikmati pemandangan alam di Kebun Teh Mei Jia. Aneka panganan dari daun teh juga menarik untuk dicicipi. Metrotvnews.com  sendiri mencoba daun teh goreng garing dan omelet daun teh. Rasanya cukup unik dan lezat.

Menurut pengelola Kebun Teh Mei Jia, Chen Xiu-feng, kebun teh ini sudah ada selama puluhan tahun. Teh yang paling diminati wisatawan adalah jenis teh pouchong (teh oolong jenis ringan), dan Tieguanyin (teh oolong premium).


Gondola yang membawa wisatawan melihat pemandangan kota Taipei (Foto: Metrotvnews.com/Harianty Zeng)

Jika cuaca cerah, Anda bisa melihat seluruh pemandangan kota Taipei dari atas gunung sembari menaiki Maokong Gondola.

2. Balai Peringatan Chiang Kai-Shek

Metrotvnews.com mengunjungi tempat ini ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Pada bulan November, Taipei mulai beralih ke musim dingin dengan curah hujan yang cukup tinggi. Cuaca saat itu sekitar 24-25 derajat celcius.


(Foto: Metrotvnews.com/Harianty Zeng)

Balai Peringatan Chiang Kai-Shek terletak di pusat kota Taipei yang dibangun untuk mengenang mantan presiden Chiang Kai-Shenk. Luas tempat ini secara keseluruhan adalah 250 ribu meter persegi dengan tinggi bangunan utama 70 meter. Pada bangunan utama, terdapat ruang pameran dan galeri yang besar. Di taman ini juga terdapat teater dan gedung konser nasional dengan arsitektur oriental yang khas.

Masuk ke dalam bangunan utama, terdapat patung perunggu mantan presiden Chiang Kai-Shek setinggi hampir 10 meter. Yang menarik minat wisatawan adalah setiap jam dari waktu 9 pagi sampai 5 sore, selalu ada prajurit yang berpakaian seragam melakukan upacara pertukaran prajurit dengan atraksi senjata.


(Foto: Metrotvnews.com/Harianty Zeng)

"Prajuritnya sangat luar biasa, bangunan ini juga luar biasa. Saya pasti akan merekomendasikan Taipei untuk dikunjungi  warga Australia," ujar pasangan turis asal Australia.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan MRT jalur hijau (Songshan-Xindian) atau jalur merah (Tamsui-Xinyi), dan berhenti di stasiun Chiang Kai-Shek Memorial Hall.

3. Ximending


Ximending(Foto: Metrotvnews.com/Harianty Zeng)

Banyak orang menganggap Taipei lebih cocok sebagai wisata untuk lansia. Dugaan ini tidak tepat. Taipei juga memiliki tempat perkembangan budaya pop bagi kaum muda yaitu Ximending. Di kawasan komersial ini, terdapat ragam pakaian anak muda yang trendi, lengkap dengan kuliner, hiburan dan seni dengan harga yang cukup bersaing. Untuk ke sana, naiklah MRT Jalur biru (Bannan) dan turun di stasiun Ximen.

4. Taipei 101

Menara observasi terletak di lantai 89. Dari sini wisatawan dapat menyaksikan indahnya kota Taipei dari ketinggian. Untuk dapat menikmati keindahan Taipei dari menara observasi, Anda dikenakan biaya 600 NT atau sekitar Rp300 ribu.























Setiap akhir tahun, orang berbondong-bondong menyaksikan secara langsung atraksi kembang api di tempat ini. Lantai bawah bangunan Taipei 101 merupakan pusat perbelanjaan, sementara beberapa lantai di atasnya restoran dan area perkantoran.  Untuk kesana, Anda bisa naik MRT jalur merah (Tamsui-Xinyi) dan berhenti di Taipei 101/ World Trade Center.

Anda juga dapat melihat pemandangan seluruh Taipei dari atas gunung di Xiangshan ( Gunung Gajah). Untuk ke sana, naiklah MRT jalur merah (Tamsui-Xinyi) dan berhenti di Xiangshan.


5. Pasar malam Shilin


Bagi wisatawan yang ingin merasakan hiruk pikuk masyarakat lokal sambil menikmati kuliner khas Taipei, Anda dapat mengunjungi Pasar Malam Shilin yang berlokasi di Jalan Danan.


(Foto: Metrotvnews.com/Harianty Zeng)

Pasar malam ini dipenuhi  dengan toko yang menjual busana, sepatu, souvenir, dan makanan. Untuk Anda yang muslim, harus selektif memilih dan bertanya karena tidak semua kuliner halal.

Menuju pasar malam Shilin, Anda bisa menggunakan MRT jalur merah (Tamsui-Xinyi) dan berhenti di Stasiun Jiantan.




(DEV)