Tidak Sulit Menemukan Makanan Halal di Taipei

Harianty    •    Selasa, 07 Nov 2017 17:51 WIB
wisata asia
Tidak Sulit Menemukan Makanan Halal di Taipei
Tidak sulit menemukan makanan halal di Taipei (Foto: Harianty Zeng)

Metrotvnews.com, Taipei: Taiwan sedang gencar mempromosikan wisata yang ramah bagi semua orang, termasuk bagi traveler muslim. Hal ini terlihat dari banyaknya masjid untuk memudahkan traveler muslim beribadah.

Di Taiwan terdapat 7 masjid yang tersebar dari utara hingga selatan. Salah satu masjid tertua berada di Taipei, yaitu Masjid  Agung Taipei yang berada di distrik Da’an. Masjid ini selesai dibangun pada 1960, dan menjadi tempat ibadah paling terkenal dan penting bagi umat muslim Taiwan. Untuk ke sana, Anda bisa naik MRT jalur merah (Tamsui-Xinyi) dan berhenti di Daan Park.


Masjid Agung Taipei (Foto: Harianty Zeng)

Saat ini diperkirakan sebanyak 20-40 ribu penduduk Taiwan beragama islam, sementara warga negara asing yang berada di Taiwan sekitar 200 ribu orang, termasuk tenaga kerja asal Indonesia.

“Walikota Taipei ingin menjadikan Taipei kota yang bersahabat dengan muslim. Pemerintah juga mendukung pengenalan tentang Islam, " ujar Ou Yang Shinto, warga Indonesia yang sudah 5 tahun menjadi pengurus masjid tersebut.

Pria yang sudah 20 tahun tinggal di Taiwan ini menuturkan, dulu cukup sulit menemukan makanan halal di Taipei. Namun, sekarang sudah banyak perubahan yang mana semakin banyak lembaga yang menyediakan produk halal.

Berjarak 5 meter dari Masjid, Metrotvnews.com  menemukan sebuah toko dan restoran yang menyediakan produk serta makanan Indonesia.  Kami menemukan di toko tersebut menjual mie instan dan teh asal Indonesia.


Toko yang menyediakan produk asal Indonesia (Foto: Harianty Zeng)

"Makanan yang kami jual ada sayuran, bakwan, tempe, ikan, dan ayam goreng. Harga 3 sayur dan 1 lauk 150 NT," ujar Watijah yang sudah 11 tahun menetap di Taipei saat berbincang dengan Metrotvnews.com.

Wanita asal Cilacap ini menuturkan bahwa selain TKI, beberapa mahasiswa asal Indonesia kerap makan di tempatnya. Begitu juga dengan umat muslim asal Afrika, Tiongkok, Singapura, Malaysia, dan Turki.

Saat berkunjung kesana, restoran sedang ramai pengunjung. Gabriela, 19, adalah mahasiswa asal Surabaya yang sudah 6 bulan belajar di Taipei. Dia cukup rutin datang ke warung Watijah karena sering rindu makanan kampung halaman.

Selain di Da’an distrik, Anda bisa menemukan beberapa restoran halal di jalan Yanping Nan. Untuk kesana, naiklah MRT jalur jingga (Zhonghe-Xinlu) dan berhenti di stasiun Daqiaotou.




(DEV)