Begini Cara Dapatkan Foto yang Instagrammable

Yatin Suleha    •    Kamis, 29 Nov 2018 07:00 WIB
tips & trik
Begini Cara Dapatkan Foto yang Instagrammable
Berikut adalah tips agar foto Anda berkualitas serta Instragammable dari Yeoh Mong Chin, social media influencer asal Singapura. (Foto: Watari/Unsplash.com)

Jakarta: Media sosial sekarang bukan hal yang asing lagi. Dan jika Anda bepergian tak afdol rasanya jika tak mengabadikannya.

Berikut adalah tips agar foto Anda berkualitas serta Instragammable dari Yeoh Mong Chin, social media influencer asal Singapura seperti dalam rilis yang diterima oleh Medcom.id dari Lifetime Asia.

1. Riset
Mengetahui seluk-beluk lokasi wisata yang dikunjungi. Jika pemandangan dan suasana di sana adalah luar ruangan (outdoor) dan foto-foto akan lebih baik diambil dari jauh.

Tentu saja jenis kamera dan lensa yang perlu dibawa berbeda dengan lokasi wisata dalam ruangan.

(Baca juga: Tips Memotret Flat Lay Photography dari Food Influencer Fellexandro Ruby)


(Jika pemandangan dan suasana di sana adalah luar ruangan (outdoor) dan foto-foto akan lebih baik diambil dari jauh. Foto: Kace Rodriguez/Unsplash.com)

2. Memiliki perlengkapan yang tepat 
Kamera smartphone memang sudah semakin canggih, tetapi kualitas foto yang didapatkan dari kamera dedicated masih lebih superior dibandingkan dengan kamera ponsel.

Para pemula dapat memulai mencoba menggunakan kamera mirrorless. Walau mahal anggap saja ini sebuah investasi karena akan bisa dipakai selama bertahun-tahun untuk mengabadikan momen-momen penting Anda.

3. Pencahayaan
Ketika tiba di lokasi wisata, luangkan beberapa menit untuk memahami pencahayaan di tempat tersebut. Fotografi sejatinya adalah melukis dengan cahaya.

Menggunakan dan/atau memanipulasi pencahayaan di tempat pengambilan foto dapat meningkatkan kualitas foto yang didapatkan secara dramatis.

4. Angle
Cobalah mengambil foto dari sudut pengambilan (angle) yang berbeda-beda. Seringkali sisi objek foto yang ditampilkan karena diambil dari angle berbeda dapat membuat suasana dan auranya terasa berbeda juga. 

5. Mengambil Beberapa Foto
Siapkan media penyimpanan foto yang cukup besar sehingga terasa cukup leluasa untuk mengambil beberapa foto dalam satu momen.

Memang mendapatkan kesempurnaan itu tidak mudah, termasuk dalam fotografi, tetapi kemungkinan untuk mendapatkan foto yang sempurna dapat menjadi lebih besar dengan mengambil foto lebih banyak, hanya masalah statistika saja.





(TIN)