4 Tips Memasak Ikan agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Raka Lestari    •    Senin, 26 Feb 2018 14:30 WIB
tips memasak
4 Tips Memasak Ikan agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik. Namun, salah cara mengolahnya bisa membuat semua kandungan gizi pada ikan hilang.

Dilansir dari Reader Digest, ada 4 hal yang harus diperhatikan saat memasak ikan.

1. Jangan memasaknya terlalu lama

Memasak ikan terlalu lama bisa membuat dagingnya menjadi kering dankehilangan rasa alaminya. Masak ikan paling lama 10 menit pada setiap sisinya.

"Angkat daging ikan ketika ikan masih sedikit mentah di tengahnya," ujar Randy Hartnell, pendiri Vital Choice, sebuah situs web yang menjual makanan laut segar.

2. Terlalu banyak menyentuh dagingnya

Menyentuh ikan terlalu sering dapat mengurangi kerenyahan ikan. Usahakan membalik ikan seminimal mungkin dan jangan gunakan penjepit saat memasak ikan.

"Gunakan spatula berbahan karet atau metal, atau bahkan sendok untuk membaliknya," ujar Giuseppe Tentori, executive chef dari Chicago.  Jika ikan sudah siap dibalik, Anda akan bisa dengan mudah menggesernya dengan menggunakan spatula. Jika Anda mencoba untuk membaliknya saat belum terlalu matang, kulitnya akan menempel pada wajan.

3. Mencairkan daging ikan beku dengan cara yang salah

Mencairkan daging ikan yang beku dengan air panas bisa membuat banyak bakteri tumbuh. Sebagai gantinya, cairkan daging ikan yang beku selama empat sampai lima jam dalam suhu ruang.

Jika Anda perlu mencairkan dengan cepat, masukkan daging ikan ke dalam kantung yang bersegel dan letakkan di dalam mangkuk yang berisi air yang sangat dingin. 

"Kantungnya harus benar-benar tertutup air, dan pastikan dagingnya tidak bersentuhan dengan air. Hal ini karena jika daging terkena air maka daging akan menjadi terlalu lembab dan sangat sulit dimasak."


4. Membuang kulit ikan sebelum memasaknya

Kulit ikan akan lebih mudah dilepaskan jika Anda memasaknya terlebih dahulu. Dengan memasaknya terlebih dahulu,  lapisan lemak yang mengikat antara daging dan kulit akan mudah dikelupas. Lapisan ini juga akan memudahkan untuk membalik dan menggeser ikan ketika berada di wajan.

 


(DEV)