Ini Perbedaan Preferensi Travelling Tiap Generasi

Raka Lestari    •    Jumat, 06 Oct 2017 10:00 WIB
wisata
Ini Perbedaan Preferensi Travelling Tiap Generasi
Kelompok Generasi X juga biasanya membaca review dan melakukan riset sebelum melakukan pemesanan akhir. (Foto: Dino Reichmuth/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut penelitian terbaru dari Expedia, usia Anda menentukan gaya Anda saat melakukan travelling. 

Sebagai contoh, penelitian yang dilakukan Expedia menyimpulkan bahwa Generasi Z (dalam kasus ini, orang-orang yang lahir pada tahun 1994 atau setelahnya) adalah kelompok usia yang menyukai petualangan. 

Bukan hanya karena mereka menyukai untuk memilih destinasi internasional untuk berlibur, mereka juga lebih suka memilih akomodasi alternatif seperti homestay atau perkemahan. 



Tapi keinginan untuk berpetualang tersebut terbentur segi keuangan. Generasi Z adalah generasi yang paling memperhatikan anggaran berliburnya (hal ini karena mereka lebih muda dan tidak terlalu banyak yang harus dibelanjakan). 

(Baca juga: Kini, Travelling Bukan Cuma Gaya Hidup Orang Berkantong Tebal)

Generasi Millennial (umur 24 sampai 35) adalah kelompok usia yang paling memungkinkan memilih liburan paket lengkap dimana mereka tidak perlu merencanakan apa-apa lagi.

Mereka juga paling banyak memilih untuk menghabiskan waktu di luar. Generasi ini yang paling sering dijadikan target oleh perusahaan-perusahaan travel karena biasanya mereka paling mudah terpengaruh oleh iklan. 



Sedangkan para traveler yang lebih tua, biasanya lebih tahan terhadap iklan. Mereka biasanya paling sering mengunjungi teman atau keluarganya dan biasanya telah memiliki tujuan yang jelas sebelum mereka mulai bepergian. Namun, kelompok usia ini juga yang paling tidak tahan terhadap pembatasan anggaran. 

Anggota dari Generasi X (umur 36 sampai 55 tahun) adalah kelompok usia yang paling sedikit melakukan travelling.

Generasi X sangat memerhatikan untuk mendapatkan kesempatan yang bagus, namun mereka biasanya akan menghabiskan banyak waktunya di hotel. Kelompok ini juga biasanya membaca review dan melakukan riset sebelum melakukan pemesanan akhir. 










(TIN)