Tips Travelling Murah ala Travel Blogger Ashari Yudha

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 21 Nov 2017 17:41 WIB
tips bepergian
Tips Travelling Murah ala Travel Blogger  Ashari Yudha
Ashari Yudha, travel blogger yang punya cita-cita menjelajahi Indonesia sebelum usia 25 tahun. (Foto: Instagram Catatan Backpacker)

Jakarta: Travelling  tak hanya menjadi cara untuk membuat pikiran rileks, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup. Namun, bisakah travelling bila budget pas-pasan?

Travel blogger Ashari Yudha telah membuktikannya. Pria 26 tahun ini berhasil mewujudkan cita-citanya keliling Indonesia sebelum berusia 25 tahun. Tentu saja dengan biaya sehemat-hematnya.

Pria yang akrab disapa Yudha ini mengatakan, ada empat hal yang harus disiapkan sebelum berangkat travelling, antara lain akomodasi, transportasi, makan, dan tiket perjalanan.

"Untuk akomodasi, saya menemui komunitas-komunitas yang ada di daerah tersebut, biasanya mereka akan menemani ngopi dan jalan-jalan, saya juga jadi dapat info soal destinasi wisata di sana," terang Yudha dalam acara Eksplorasi Mahakarya Kebanggan Indonesia, Selasa, 21 November 2017.

Dengan memperluas koneksi, Anda bisa mendapat penginapan murah. Hal itu tentu dapat menghemat pengeluaran selama travelling.

Dari segi transportasi, komunitas juga cenderung memberikan opsi yang lebih murah dan efisien.

Terkait makanan, Yudha mengaku bahwa dirinya selau membawa botol minum kemanapun ia pergi. "Di beberapa tempat deatinasi, harga air minum bisa mahal," ujarnya.

Ia juga belajar memasak seadanya sebagai bentuk antisipasi bila tempat destinasi yang hanya sedikit atau tidak ditemukan sama sekali rumah makan.

"Atau sulit mencari makanan halal, lebih baik beli bahan makanan dan masak sendiri," tambahnya.

Terakhir, untuk tiket menuju tempat wisata, Yudha menyarankan agar pintar-pintar mencari tiket promo dengan cara berlangganan beberapa maskapai. Dengan berlangganan, peluang untuk memeroleh diskon tentu lebih besar.




(DEV)