Sang Kota Tepian

Pelangi Karismakristi    •    Minggu, 11 Feb 2018 19:13 WIB
galeriindonesiakaya
Sang Kota Tepian
Warga Suku Dayak Kenyah Uma'lung mengajari cucunya menggunakan senjata sumpit, Rabu, 21 Juni 2017. Antara Foto/Zabur Karuru/foc/17.

Jakarta: Menjelajahi Borneo memang tidak akan ada habisnya. Anda juga bisa mengeksplorasi kota yang dibelah Sungai Mahakam, yakni Samarinda, yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur.

Ada banyak objek wisata andalan di Samarinda. Seperti Desa Budaya Pampang, yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Samarinda. Waktu tempuh Samarinda ke Desa Budaya Pampang sekitar satu jam.

Desa ini menjadi destinasi wisata khas Dayak dan banyak diburu wisatawan. Di sana Anda bisa terjun langsung merasakan bagaimana kehidupan, tradisi, dan budaya sehari-hari Suku Dayak.

Di kawasan yang dinobatkan sebagai desa budaya sejak 1991 ini, Anda bisa menyaksikan langsung pertunjukan tarian adat Suku Dayak yang diadakan tiap akhir pekan.

Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa datang sehari sebelumnya atau pada Minggu, karena pagelaran tari ini akan dilangsungkan pada pukul 14.00-15.00 WITA di rumah adat Lamin Adat Pamung Tawai.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan ritual adat Dayak yang diadakan setiap Minggu, mulai pukul 14.00-16.00 WITA. Ritual tersebut dipimpin seorang ketua adat kesenian atau tetua dari desa setempat yang disebut Laing.

Laing lah yang menjadi pemandu para wisatawan di desa ini, sebab para pelancong harus berhati-hati dalam berbicara dan bersikap selama berada di sana.

Jika Anda pengoleksi kain tenun dan ingin menambah ragam tenun di rumah, bisa menyambangi Kampung Wisata Tenun Samarinda di seberang Jalan Bung Tomo dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Di sana Anda akan melihat dan bertemu Hairun serta masyarakat yang masih membuat sarung tenun dan manik-manik dengan cara tradisional. Banyak ciri khas sarung tenun di sana, seperti banyak nama-nama tokoh nasional yang pernah berkunjung ke sana dan namanya di abadikan dalam sarung, seperti Bung Hatta, Bung Karno, dan lainnya.

Bila lelah mengitari kota, puaskan rasa lapar Anda dengan mencicipi kuliner kota yang bermaskot Pesut Mahakam ini. Ada banyak makanan yang bisa disantap di sana, salah satunya di rumah makan Acil Inun’s milik Yaya Wardhana.

Atau Anda bisa menyantap soto banjar dan nasi kuning di Kampung Nasi Kuning di sepanjang Jalan Lambung Mangkurat.

Masih banyak keseruan lain yang bisa Anda nikmati di Samarinda. Penasaran? Simak perjalanan Yovie Widianto dan Renita Sari Adrian hanya dalam program IDEnesia episode Sang Kota Tepian, Minggu 11 Februari 2018, pukul 21.30 WIB, hanya di Metro TV.

Saksikan video program IDEnesia di sini.


(TRK)