Promosi Wisata Harus Didukung Sarana Prasarana

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 26 Jul 2017 17:33 WIB
berita dpr
Promosi Wisata Harus Didukung Sarana Prasarana
Tim Kunjungan Spesifik Komisi X DPR di Banyuwangi. Foto: dok DPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Peningkatan pariwisata selain membutuhkan promosi yang baik, juga perlu didukung sarana dan prasarana. Sangat disayangkan kalau promosi sudah begitu besar, tapi sarana tidak memadai.

Seperti dialami Tim Kunjungan Spesifik Komisi X DPR yang beberapa waktu lalu mengunjungi Kabupaten Banyuwangi. Mereka kesulitan mendapatkan tempat menginap, karena hotel di Banyuwangi sudah penuh.

"Ini salah satu pekerjaan rumah Bupati Banyuwangi (Abdullah Azwar Anas). Hotel juga berpengaruh untuk peningkatan pariwisata," kata Ketua Tim Kunjungan Spesifik Bidang Pariwisata Komisi X DPR Ridwan Hisjam dalam siaran persnya, Rabu 26 Juli 2017.

Hisjam mengatakan, Komisi X bersama pemerintah telah berkomitmen agar pariwisata menjadi sumber devisa nomor satu secara nasional pada 2019. Saat ini sektor pariwisata masih menduduki peringkat ketiga sumber devisa.

Politikus Partai Golkar ini menjelaskan, tujuan anggota Komisi X ke Banyuwangi adalah meninjau sarana dan prasarana, termasuk bandara, untuk pariwisata. Di sisi lain, anggota Dewan dari daerah pemilihan Jawa Timur ini mengapresiasi perkembangan pariwisata di Banyuwangi.  

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan, peningkatan pariwisata di daerahnya cukup pesat. Ia menyebut kunjungan wisatawan lokal mencapai 4,2 juta. Sedangkan wisatawan asing mencapai 82 ribu.
 
"Dulu tidak ada penerbangan ke Banyuwangi, saat ini sudah ada penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi. Orang berkunjung ke Banyuwangi bukan hanya untuk berwisata tapi juga untuk belajar reformasi birokrasi," terang Azwar.
 
Di seluruh Indonesia, sistem akuntabilitas kinerja pemerintah daerah yang mendapat nilai A hanya Kabupaten Banyuwangi.

Turut serta dalam kunjungan spesifik Komisi X ke Banyuwangi, antara lain Popong Otje Djundjunan, Dwita Ria Gunadi, Sri Meliyana, Nuroji, Anita Yacoba Gah, Vena Melinda, Lathifah Shohih, Arzeti Bilbina, dan Mustafa Kamal. Selain ke Banyuwangi, Tim Kunjungan Spesifik Komisi X juga menurunkan tim ke Jawa Tengah dan Yogyakarta.


(TRK)