Newsline

Liburan Perlu Direncanakan

   •    Rabu, 29 Mar 2017 09:54 WIB
liburan
Liburan Perlu Direncanakan
Ilustrasi. (Thinkstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perencana Keuangan M Kharisma mengatakan liburan perlu direncanakan. Jangan sampai, kegiatan berpakansi hanya menghabiskan dana namun esensi penyegaran setelah liburan justru tidak didapat.

"Liburan ke tempat manapun sebenarnya tidak ada masalah, karena yang penting dalam berlibur adalah refreshing. Setelah bekerja dapat refreshnya," ungkap Kharisma dalam Newsline, Selasa 28 Maret 2017.

Untuk meminimalisasi keluarnya bujet yang tak terkendali selama liburan, Kharisma menyarankan agar memilih destinasi wisata yang antimainstream atau tidak dikunjungi oleh orang kebanyakan. Sebab, destinasi-destinasi wisata umum biasanya akan memakan biaya lebih banyak.

"Cari tempat liburan yang antimainstream, untuk apa? Tujuannya untuk menghemat," katanya. 

Selain memilih destinasi wisata, Kharisma juga meminta agar perencanaan liburan melengkapi diri dengan rencana anggaran sebagai penunjang. Bagi single traveler, akan lebih mudah membuat rencana keuangan untuk liburan.

Estimasi biaya liburan bisa didapatkan dengan menyisihkan sedikit dari sumber pendapatan setiap bulan yang bisa dikumpulkan dalam setahun. Sambil mengumpulkan pundi-pundi untuk liburan, cocokkan juga dengan destinasi wisata yang dituju.

"Kalau untuk keluarga tetap bisa menyisihkan bujet per bulan. Karena itu baru menyisihkan uang bulanan, ada dana yang lain seperti bonus, THR, atau income lain di luar itu yang bisa disisihkan untuk dianggarkan dalam setahun," katanya.




(MEL)