Telur Ternyata Tidak Memengaruhi Kadar Kolesterol dalam Darah

Kumara Anggita    •    Senin, 28 Jan 2019 08:15 WIB
telur
Telur Ternyata Tidak Memengaruhi Kadar Kolesterol dalam Darah
Perbedaan warna tidak ada hubungannya dengan kualitas nutrisi tetapi gen (Foto Ilustrasi: Annie Spartt/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak kabar burung mengenai telur yang membuat Anda berpikir ulang untuk mengonsumsinya. Padahal ini jenis makanan yang enak dan bergizi.

Oleh karena itu, cek lagi kabar hoaks tersebut dengan pernyataan para ahli di bawah ini:

-Orang dengan Kolestrol Tinggi Harusnya Tidak Makan Telur
Dilansir dari Reader's Digest, telur menjadi daftar makanan berbahaya bagi pasien yang berisiko penyakit jantung. Akan tetapi, studi terbaru menunjukkan bahwa makanan tinggi kolesterol seperti telur tidak terlalu memengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

"Apa yang kita makan yang memengaruhi kolesterol serum darah kita. Di antaranya lemak jenuh, lemak trans, dan gula sederhana," kata ahli diet, Marjorie Nolan Cohn, RDN, pemilik MNC Nutrition di Philadelphia.

Cohn juga menyebutkan, makan empat atau lima telur seminggu masih aman bagi siapa saja yang berisiko terkena penyakit jantung.

-Telur Coklat Lebih Sehat dari Telur Putih
Banyak kabar beredar bahwa telur coklat lebih sehat dari telur putih. Namun, Cohn menyatakan cangkang telur tidak memengaruhi kualitas nutrisi yang ada dalam telur.

“Saya tidak akan merekomendasikan menggunakan warna kulit telur sebagai indikator atau referensi untuk kualitas nutrisinya,” kata Cohn.

Perbedaan warna tidak ada hubungannya dengan kualitas nutrisi tetapi gen - ayam putih biasanya bertelur putih, dan ayam merah atau coklat bertelur coklat.

-Mengonsumsi Putih Telur Lebih Baik daripada dengan Kuningnya
Putih telur hanya mengandung 17 kalori tanpa lemak sementara dengan kuning telur. Totalnya menjadi 72 kalori. Ahli diet, Keri Glassman, menyatakan bahwa lemak dalam kuning telur sebenarnya baik untuk sarapan yang seimbang.

"Lemak membuat Anda jauh lebih puas. Jika Anda kehilangan kuning telur, Anda mungkin tidak puas." Ditambah lagi. Putih telur tidak banyak mengandung nutrisi kecuali protein, tetapi kuning telur mengandung nutrisi seperti vitamin B12, vitamin D (yang mungkin sulit untuk temukan di sumber makanan), dan kolin," tutupnya.


(FIR)