Cara Memasak Asparagus yang Benar

Raka Lestari    •    Jumat, 30 Mar 2018 10:00 WIB
tips memasak
Cara Memasak Asparagus yang Benar
Menumis adalah salah satu pilihan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil asparagus yang lebih lembut. (Foto: Vitchakorn Koonyosying/Unsplash.com)

Jakarta: Asparagus memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Satu porsi asparagus dapat memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin K harian Anda, selain itu asparagus juga dikemas dengan vitamin A, C, E dan B-6, serta zat besi, tembaga, kalsium, dan serat. 

Dengan banyaknya manfaat yang terdapat dalam asparagus, Anda pun bisa memasaknya tanpa harus kehilangan kandungan vitamin dan serat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Dipanggang
Memanggang adalah salah satu cara favorit untuk memasak asparagus karena menciptakan sensasi karamel yang nikmat. Atur suhu oven pada 400 derajat Fahrenheit, balurkan dengan minyak zaitun dan beri taburan garam di atas asparagus Anda. Panggang sampai renyah-empuk, setidaknya 15 menit. 

(Baca juga: Alasan Mengapa Air Kencing Bau Setelah Makan Asparagus)


(Menumis adalah salah satu pilihan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil asparagus yang lebih lembut. Foto: Stephanie Studer/Unsplash.com)

2. Dikukus
Mengukus adalah cara cepat dan sehat untuk memasak asparagus. Masukkan asparagus dalam panci besar yang dilengkapi dengan keranjang uap (dan air di bawahnya), masak asparagus, tutup panci sampai asaparagus berubah menjadi hijau terang dan renyah. Ini seharusnya membutuhkan waktu tidak lebih dari 3-5 menit.

3. Dibakar 
Memanggang menghasilkan efek yang mirip dengan cara memanggang. Olesi asparagus dengan minyak zaitun dan taburi dengan garam. Pada panggangan yang sudah dipanaskan, susun asparagus dalam tusuk sate yang sudah disiapkan. Panggang selama sekitar 7-10 menit.

4. Ditumis
Menumis adalah salah satu pilihan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil asparagus yang lebih lembut. Panaskan beberapa sendok makan minyak zaitun ke dalam panci tumis dengan api sedang, dan masak potongan asparagus Anda yang sudah disiapkan bisa ditambahkan dengan sedikit bawang putih dan garam, jika Anda mau selama sekitar 5-7 menit untuk mendapatkan hasil yang lembut.






(TIN)