Berani Coba Kopi Asskicker?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Sep 2016 13:42 WIB
kuliner
Berani Coba Kopi Asskicker?
(Foto: Health) Berani coba si Asskicker? Minuman dengan 12 kali lipat kafein.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah kafe di Australia menyajikan sebuah kopi yang dapat membuat seseorang mabuk kafein yaitu bernama Asskicker. Asskicker dipercaya mengandung 12 kali lipat kafein.

Viscous Coffee yang terletak di Adelaide ini menyediakan menu kopi yang tidak biasa. Kandungan kafeinnya yang luar biasa kuat, bisa membuat Anda melek selama berjam-jam. Terdiri dari empat sloki espresso 120 ml yang diseduh secara dingin, dan delapan es batu yang didinginkan selam 48 jam. Bahkan, menurut sebuah laporan di Adelaide Advertiser, minuman ini setara dengan sekitar 80 sloki espresso. 

Pemilik kafe Steve Bennington mengungkapkan, bahwa Asskicker yang sebaiknya diminum secara perlahan selama beberapa jam ini, akan membuat Anda tahan kantuk selama 12-18 jam. Awalnya, resep ini diperuntukkan bagi seorang perawat UGD di rumah sakit agar tetap terjaga di malam hari. "Ia meminumnya selama dua hari dan tetap terbangun selama hampir tiga hari. Saya menurunkan kadarnya sedikit dan lahirlah Asskicker," ujarnya, seperti dilansir dalam Health. 

(Baca juga: Cara Cerdas Minum Kopi Agar Bermanfaat bagi Kesehatan)

Minuman ini tengah hangat diperbincangkan di Australia. Namun, dari kesehatan, amankah mengkonsumsi kafein berlebih? Dana Hunnes, PhD, ahli gizi senior di UCLA Medical Center menunjukkan bahwa, FDA merekomendasikan konsumsi kafein yang aman dalam perhari bagi orang dewasa adalah 400 mg. Sementara, Asskicker 12 kali lipat dari jumlah tersebut. 

Hal tersebut tentu akan memberi dampak pada tubuh, seperti tremor otot, insomnia, sakit perut, cemas, dan meningkatkan tekanan darah yang dapat menngkatkan risiko serangan jantung atau stroke. "Asskicker adalah minuman dengan tingkat kafein dengan batas berbahaya," menurutnya.

Beberapa tanda dari kelebihan kafein adalah sulit tidur, gelisah, lekas marah, dan perasaan tak tuntas atau menggantung. Namun, Hunnes mengungkapkan bahwa kopi jauh lebih baik daripada soda atau minuman berenergi, karena kopi hanya mengandung dua bahan, yaitu biji kopi dan air. "Minuman berenergi lain mengandung banyak bahan kimia dan aditif serta banyak proses kimia," tukasnya. 






(TIN)