Pedasnya Cabai Hantu asal India Timur Laut

Wahyu Dwi Anggoro    •    Senin, 25 Dec 2017 18:10 WIB
kuliner asia
Pedasnya Cabai Hantu asal India Timur Laut
Bhut Jolokia memiliki tingkat kepedasan setidaknya 10 kali lebih tinggi dari cabai rawit (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Shillong: India merupakan salah satu produsen rempah terbesar di dunia. Negara Bagian Assam di wilayah India Timur laut adalah penghasil cabai Bhut Jolokia yang terkenal kepedasannya.

Bhut Jolokia berarti Cabai Hantu dalam bahasa lokal. Cabai ini juga dikenal dengan nama Bih Jolokia yang berarti Cabai Racun. warga lokal juga mengenalnya dengan nama Naga Jolokia yang berarti Cabai Suku Naga.

Bhut Jolokia dinobatkan sebagai cabai terpedas oleh Guiness World Records pada 2007. Sayangya, Cabai Infinity merebut gelar prestisius tersebut pada 2011.

Tingkat kepedasan Bhut Jolokia tercatat lebih dari 1 juta skala Scovile. Sebagai perbandingan, tingkat kepedasan cabai rawit hanya sekitar 50 ribu-100 ribu skala Scovile.


Penjual Bhut Jolokia di Shillong, Meghalaya, India Timur Laut (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Bhut Jolokia dapat dengan mudah ditemukan di daerah dataran tinggi di Assam. Selain itu, cabai ini juga dapat ditemukan di negara bagian lainnya di wilayah India timur laut.

Rasa pedas yang dihasilkan Bhut Jolokia muncul secara perlahan. Beberapa detik setelah mencicipi cabai ini, rongga mulut Anda diselimuti sensasi terbakar yang sangat tidak menyenangkan. sebelum mencoba cabai ini, sebaiknya Anda menyiapkan penyegar mulut untuk berkumur.

Penduduk Assam biasanya mengolah Bhut Jolokia menjadi acar. Setetes kuah acar Bhut Jolokia mampu memberikan sensasi pedas pada hidangan.

 


(DEV)