Asupan "Dessert" Saat Program Penurunan Berat Badan

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 26 Jun 2017 12:51 WIB
diet
Asupan Dessert Saat Program Penurunan Berat Badan
Ilustrasi (Foto: TheHealthSite.com)

Metrotvnews.com: Mengurangi konsumsi makanan penutup atau dessert adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang sering dilakukan. Namun benarkah hal tersebut mempan?

"Tak makan dessert tak selalu berhasil membuat berat badan menurun. Jadi sesekali boleh saja," ujar ahli gizi Dr Raksha Prasad, seperti dilansir Thehealthsite. 

Berapa kali dalam seminggu sebaiknya makan dessert? Menurut Prasad, satu atau dua kali seminggu tak masalah. Namun, hindari menjadikan makanan manis sebagai rutinitas keseharian, meski hanya porsi kecil. Jika Anda terbiasa dengan hal tersebut, maka kalori akan menumpuk. 

Alternatif lain adalah dengan memilih dessert yang menyehatkan. 

Bagaimana menghilangkan kebiasaan makan dessert setelah makan berat? Cobalah mengganti dessert dengan buah segar manis setelah makan berat. Anda juga bisa memasukkan teh herbal sebagai pilihan. Selain itu, segeralah menggosok gigi setelah makan berat untuk menghindari memasukkan makanan lagi ke dalam mulut. 

Bila Anda berhasil melakukannya, Anda bisa memberi hadiah pada diri sendiri dengan eksrim atau kue kesukaan di akhir pekan sesekali (usahakan yang mengandung sedikt gula). 

(ASA)