4 Sayuran Ini Lebih Baik Dikonsumsi Matang

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 04 Aug 2017 10:00 WIB
kesehatan
4 Sayuran Ini Lebih Baik Dikonsumsi Matang
Sebuah penelitian tahun 2008 yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan bahwa wortel lebih baik disarankan dalam keadaan dimasak. (Foto: Lecremedelacrumb/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang percaya bahwa makanan mentah lebih menjaga nutrisi dalam makanan. Selain itu, rasa dalam makanan tersebut juga lebih menyegarkan. 

Salah satu jenis makanan yang banyak disarankan untuk dimakan mentah adalah sayuran dan buah. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang justru lebih mengeluarkan nutrisi ketika dimasak. Apa sajakah itu?

(Baca juga: Tips Praktis Cepat Siapkan Makan Malam)



1. Wortel
Makanan ini emang sudah enak dimakan mentah. Namun, sebuah penelitian tahun 2008 yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan bahwa sayuran ini lebih baik disarankan dalam keadaan dimasak. Selain itu, proses pemasakan juga meningkatkan kandungan betakarotin dalam wortel. 



2. Labu
Sayuran ini bergizi dan memiliki banyak manfaat. Namun, antioksidan dalam sayuran akan lebih keluar bila diproses dulu sebelum dimakan. 



3. Brokoli
Sebuah studi tahun 2008 menyebutkan bahwa ada beberapa metode memasak yang membuat kandungan karotenoid pada jenis tanaman ini. Ternyata, cara terbaik untuk memasak sayuran ini adalah dengan mengukusnya terlebih dahulu. 



4. Tomat
Tomat mengandung senyawa perusak kanker yang disebut likopen, yang sangat bagus untuk jantung. Menariknya, untuk mendapatkan manfaat kandungan tersebut secara penuh, tomat harus dimakan dimasak, tidak mentah.











(TIN)