Cara Memasak Quinoa

Raka Lestari    •    Senin, 07 May 2018 17:42 WIB
tips memasak
Cara Memasak Quinoa
Quinoa sebenarnya adalah jenis biji-bijian, bukan sejenis gandum dan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. (Foto: The 5th/Unsplash.com)

Jakarta: Akhir-akhir ini, quinoa dianggap sebagai salah satu makanan yang mengandung banyak manfaat. Semangkuk quinoa akan tambah sempurna lagi jika dipadukan dengan sayuran, berbagai daging, saus, dan bahkan sisa-sisa makanan yang masih bisa dipakai.

Entah itu Anda mencoba untuk makan lebih sehat atau hanya ingin memelajari masakan baru, mengetahui cara memasak quinoa sangatlah penting.

Quinoa sebenarnya adalah jenis biji-bijian, bukan sejenis gandum dan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Quinoa tumbuh di dataran tinggi Andes, yang mencakup sebagian Peru dan Bolivia. 

Quinoa juga mengandung protein lengkap, ia memiliki semua asam amino esensial yang biasanya ditemukan di protein hewani. Ada beberapa jenis quinoa, yaitu merah, hitam, dan putih. Quinoa merah sangat bagus untuk salad karena bentuk dan teksturnya.

Quinoa hitam memiliki rasa yang lebih alami, dan mengandung rasa seperti kacang. Dan quinoa putih memiliki rasa yang lebih netral dan merupakan jenis yang paling populer digunakan. 


(Quinoa hitam memiliki rasa yang lebih alami, dan mengandung rasa seperti kacang. Dan quinoa putih memiliki rasa yang lebih netral dan merupakan jenis yang paling populer digunakan. Foto: Taylor Kiser/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Memasak Hidangan Berprotein agar Nutrisinya Tidak Hilang)

Dan berikut ini adalah cara memasak quinoa.

1. Untuk 1 cangkir quinoa, Anda akan membutuhkan 1 ¾ cangkir air mendidih

2. Saat Anda mencuci quinoa, mulailah merebus air

3. Sebaiknya Anda akan memasukkan sedikit lebih dari 1 ¾ gelas air ke dalam panci, karena Anda akan kehilangan sebagian air ketika terjadi penguapan. 

4. Setelah air mendidih dengan cepat, tambahkan ¼ - ½ sendok teh garam dan masukkan quinoa yang sudah dicuci. Biarkan sampai mendidih lalu kecilkan api. Tutup dan masak selama 20 menit. Ketika quinoa sudah matang, biarkan selama satu menit, kemudian aduk dengan garpu.




(TIN)