Tips agar Wajan Anti Lengket Tidak Mudah Mengelupas

Raka Lestari    •    Rabu, 25 Jul 2018 07:00 WIB
tips memasak
Tips agar Wajan Anti Lengket Tidak Mudah Mengelupas
(Foto: Today)

Jakarta: Penggunaan wajan anti lengket menjadi pilihan dalam memasak karena memudahkan dalam menggoreng. Namun, seringkali wajan anti lengket terkelupas dan berpotensi meracuni makanan. 

Menurut Lisa McManus, ahli kuliner di America's Test Kitchen, wajan atau panci anti lengket biasanya terbuat dari aluminium yang kemudian dilapisi dengan politetrafloroetilen atau PTFE.

Banyak orang khawatir lapisan PTFE akan terkelupas dari panci dan tertelan secara tidak sengaja. Namun, para produsen panci anti lengket saat ini sudah mulai berhati-hati dan mencegah agar lapisan PTFE tidak terkelupas. Jika tertelan pun, produsen telah mengupayakan agar hal itu tidak membahayakan. 

Masalahnya, bahan pada wajan dapat memberikan potensi berbahaya jika Anda memasak hingga suhu 300 derajat celcius. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya asap. McManus pun menyarankan untuk menggunakan minyak dan api yang sedang untuk mencegah suhu yang terlalu tinggi. 

Shelly Velez, executive chef  di Pillbox Tavern dan Nautilus Tavern juga menambahkan bahwa sebaiknya Anda menggunakan sendok kayu atau plastik untuk menghindari goresan pada wajan anti lengket.  Menggunakan spatula yang lebih keras atau dari jenis logam akan meningkatkan kemungkinan goresan atau bekas pada wajan. 

Lihat video:




(DEV)