Tips Menyimpan Kopi

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 17 Aug 2017 12:31 WIB
kopi
Tips Menyimpan Kopi
Menyimpan dalam wadah plastik bisa membuat kopi menjadi bau plastik. Sebaiknya Anda menyimpannya di dalam stoples. (Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menikmati kopi tak mengenal waktu. Inilah mengapa orang senang menyimpan kopi bubuk agar bisa menikmatinya kapan saja. Jika demikian, bagaimana cara menyimpan kopi yang baik?

"Sebaiknya disimpan di tempat yang kedap udara supaya tak ada udara yang masuk," jawab Viki Rahardja sebagai CTI Battle Latte Art Asia 2016 dalam peluncuran Maxx Corner Plaza Semanggi, Rabu (16/8/2017). 

Namun, ia menambahkan, udara dalam stoples juga harus berganti agar tak menyebabkan kopi menjadi apek. Menggunakan pembungkus kopi yang sudah mengandung segel sebagai tempat penyimpanan adalah cara termudah. 

(Baca juga: Minum Kopi Sebelum Olahraga Membakar Lemak Lebih Cepat)



Selain itu, Viki juga menyarankan agar menggunakan stoples berbahan kaca sehingga tak memberi bau pada kopi. 

"Menyimpan dalam wadah plastik bisa membuat kopi menjadi bau plastik," kata Coffee Ambassador Kementerian Pariwisata RI tersebut. 

Dari segi bentuk, Viki menyarankan agar menyimpan dalam bentuk biji dibandingkan bubuk. Hal ini dikarenakan biji kopi yang pada dasarnya tak memiliki kadaluarsa namun baik digunakan sebelum waktu tertentu, artinya semakin cepat digunakan maka kualitas akan makin bagus. 

"Kalau biji, dalam dua bulan masih bisa diminum. Sementara bubuk dalam dua minggu sudah kehilangan aroma awal," tambahnya.











(TIN)