Mengapa Makanan Pahit Justru Menyehatkan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Jun 2017 13:47 WIB
kesehatan pencernaan
Mengapa Makanan Pahit Justru Menyehatkan?
Rasa pahit pada makanan juga dapat membatu mencegah mag dengan cara menstimulasi sekresi lendir di perut. (Foto: Boldsky.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak jarang kita mengalami sakit perut karena mengonsumsi makanan yang enak di lidah. Jika sudah demikian, konsumsi makanan yang pahit adalah solusi mengatasinya. 

Rasa sakit tersebut muncul karena ginjal dan hati yang terlalu penuh akibat asupan yang terus-menerus sehingga perlu dibersihkan dari racun-racun yang berasal dari luar tersebut.

Makanan pahit, seperti sayuran, dapat memberikan solusi untuk masalah pencernaan tersebut. Mengapa demikian? Berikut alasannya. 

(Baca juga: Sederet Manfaat Si Pahit Pare)



1. Menstimulasi pergerakan pencernaan
Rasa pahit berperan penting untuk mengatasi gangguan perut karena dapat menstimulasi masalah pencernaan tertentu, seperti asam lambung. 



2. Mencegah masalah usus
Rasa pahit pada sayuran juga dapat mencegah terjadinya usus bocor, mengurangi sensitivitas makanan dan meningkatkan kesehatan usus. 



3. Mengenyangkan
Karena penyakit muncul akibat kekenyangan, rasa pahit dapat menghindarkan Anda dari makan berlebih dengan cara membuat perut terasa penuh. Dengan demikian, makanan pahit juga cocok untuk mereka yang sedang menurunkan berat badan. 



4. Menormalkan gula darah
Makanan pahit juga membantu menormalkan tingkat gula darah, hormon, dan fungsi dari kelenjar endokrin. 



5. Mencegah mag
Rasa pahit pada makanan juga dapat membatu mencegah mag dengan cara menstimulasi sekresi lendir di perut. Labu pahit, salah satu contohnya, bisa menyeimbangkan basa dan meminimalkan asam dalam tubuh. 

Beberapa jenis makanan pahit yang bisa dimakan mentah dan baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan adalah labu, kale, bayam, dan delion hijau, dan selada air. 







(TIN)