Tips Memilih Kepiting Lokal Hidup untuk Diolah

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 12 Sep 2018 17:21 WIB
tips memasak
Tips Memilih Kepiting Lokal Hidup untuk Diolah
Chef Iwan Sulaiman dari restoran The Holy Crab memberikan beberapa cara memastikan kepiting hidup yang layak dikonsumsi. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Jakarta: Salah satu cara memastikan seafood yang dimasak adalah dengan melihat hewan tersebut dalam keadaan hidup. Lalu bagaimana memastikan hewan tersebut juga masih sehat dan baik untuk dimasak?

Chef Iwan Sulaiman dari restoran The Holy Crab memberikan beberapa cara memastikan kepiting hidup yang layak dikonsumsi. 

"Perhatikan mata kepiting, apakah masih utuh dan bergerak. Jika ya, berarti masih bagus," ujarnya dalam peluncuran menu baru The Holy Crab, Rabu 12 September 2018. 

Mata kepiting adalah semacam nadi di pembuluh darah arah pada pembuluh darah, lanjutnya. Olah karena itu, jika keadaan mata kepiting rusak, sebaiknya tidak usah dibeli.
 
(Baca juga: Tips Memasak Kepiting di Rumah)


(Jika keadaan mata kepiting rusak, sebaiknya tidak usah dibeli. Foto: Sydney Pearce/Unsplash.com)

Cara selanjutnya adalah dengan menarik kaki paling ujung. Jika kepiting melawan, maka itu berarti stamina hewan tersebut masih bagus, termasuk dagingnya. 

Masih seputar kaki, tekankan siku kepiting. Bagian yang lembut tersebut cenderung akan mengembung ketika ditekan beberapa saat kemudian. Jika ya, itu berarti kepiting masih dalam keadaan baik.

Terakhir, cobalah tekan bagian bawah badan kepiting. Bagian yang masih terasa keras menandakan bahwa daging dalamnya padat dan masih bagus.

"Kalau sudah rusak, biasanya saat ditekan langsung robek atau rusak," tambahnya. 




(TIN)