Perlukah Menyimpan Saus Tomat di Dalam Kulkas?

Raka Lestari    •    Minggu, 25 Mar 2018 12:44 WIB
tips memasak
Perlukah Menyimpan Saus Tomat di Dalam Kulkas?
(Foto: jainrasoi)

Jakarta: Saus tomat menjadi alternatif bagi mereka yang tidak suka pedas. Saus tomat juga sering dijadikan penyedap rasa untuk hidangan sup.

Untuk Anda yang gemar bereksperimen kuliner dengan saus tomat, beberapa hal harus Anda ketahui, terutama terkait penyimpanan agar kualitasnya tidak rusak.

Apakah saus tomat harus dimasukkan ke dalam kulkas setelah dibuka? Ataukah saus tomat bisa disimpan begitu saja di dapur.

Nicole Kulwicki, director of brand building dari Heinz Ketchup mengatakan bahwa saus tidak perlu disimpan dalam kulkas sampai Anda membuka segelnya.

"Karena tingkat keasaman alaminya, saus tomat bisa tetap stabil ketika segelnya belum terbuka. Namun tingkat kestabilannya akan berkurang setelah segelnya dibuka. Kami merekomendasikan untuk menyimpannya dalam kulkas setelah Anda membuka segelnya untuk tetap menjaga kualitas produknya," kata dia seperti dilansir Reader Digest.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa saus tomat yang terdapat pada restoran-restoran tampaknya tetap terbuka sepanjang hari, itu pada dasarnya yang terlihat saja.

Sebenarnya, pihak restoran akan membuang sisa saus tomat yang tidak terpakai ke dalam tempat sampah setiap malam. Sehingga saus tomat yang berada di restoran-restoran akan selalu baru setiap harinya, jelas chef Luke Venner dari Elm Restaurant di New Canaan, Connecticut.

"Kami selalu mengembalikan isi saus tomat pada tempat yang lebih besar ke kulkas, dan menaruh saus tomat secukupnya di meja setiap harinya," pungkasnya.


(DEV)