Menyaksikan Keajaiban Burj Khalifa, Menara Tertinggi di Dunia

Yatin Suleha    •    Senin, 30 Oct 2017 11:12 WIB
wisata
Menyaksikan Keajaiban Burj Khalifa, Menara Tertinggi di Dunia
Resmi dibuka pada 4 Januari 2010. Bangunan 160 lantai ini merupakan menara tertinggi di dunia. (Foto: Thoughtrot)

Metrotvnews.com, Dubai: Jelang penghujung tahun, cuaca di Dubai masih cerah, meski sesekali hawa dingin mulai terasa. Masa pergantian musim ini biasanya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk liburan, sebelum musim dingin benar-benar tiba.

Burj Khalifa menjadi destinasi yang paling diminati turis maupun warga lokal. Menara setinggi 828 meter atau 2.717 kaki ini memang bukan bangunan biasa, melainkan yang tertinggi di dunia yang menjadi landmark kebanggaan Dubai.

Tak mengherankan jika Burj Khalifa berhasil menyedot ribuan wisatawan dari seluruh dunia.

"Ribuan orang dari negara mana saja datang untuk melihat Burj Khalifa. Pengunjung paling banyak sepanjang saya di sini yakni dari China, India, dan paling banyak dari negara-negara di sekitar Uni Emirat Arab. Namun, yang pasti ribuan orang datang ke sini setiap hari," ujar Angy Lotfy Abdo, perempuan asal Yunani yang sudah dua tahun bertugas sebagai penerima tamu di gerbang utama Burj Khalifa.

Menuju Burj Khalifa Anda harus melewati akses khusus dari area bawah The Dubai Mall. The Dubai Mall, seperti yang Anda ketahui merupakan mal terbesar di dunia. Jarak tempuh dari The Dubai Mall cukup panjang, sehingga disarankan untuk menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

Tiket dibagi menjadi 2 kelas, VIP dan reguler. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket ini pun berbeda pada waktu prime time dan non prime time.

Perbedaan VIP dengan reguler adalah soal antrean dan service pelanggan. Selain tak perlu mengantre lama dengan melewati jalur khusus, pemegang tiket VIP mendapat jamuan makanan ringan seperti kurma, kopi khas Arab, atau aneka jus di lantai 148.

Waktu prime time di menara yang dirancang oleh Skidmore, Owings and Merrill yang berbasis di Chicago, AS ini juga tak sama. Pada pukul 9.30 pagi sampai pukul 6 sore adalah waktu prime time kelas VIP yang bisa dikenakan biaya AED500 (sekitar Rp1,8 juta). Dengan biaya tersebut Anda bisa berhenti di lantai 148, 125, dan 124. VIP di jam bukan prime time yaitu jam 7 malam hingga tutup hanya dikenakan tiket AED 350.

Untuk tiket reguler dibuka dengan harga AED 125 pada pukul 08.30 pagi hingga 04.00 sore. Tiket seharga AED 95 berlaku bagi anak-anak usia 4-12 tahun. Prime time di jenis tiket reguler dibuka AED200 dan AED160 untuk usia 4-12 tahun. Bagi anak-anak dengan usia di bawah 4 tahun, tidak dikenakan biaya. Sampai di lantai yang dituju, Anda diberikan waktu selama 45 menit untuk bergantian dengan yang lain.

Kecanggihan Burj Khalifa

Burj Khalifa terletak di kawasan 1 Sheikh Mohammed bin Rashid Boulevard, Dubai, Uni Emirat Arab. Awalnya, bangunan ini dinamakan Burj Dubai, kemudian diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan, penguasa Abu Dhabi yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009.

Sheikh Khalifa juga penguasa Abu Dhabi, Emirat yang saat itu membantu Dubai dengan memberikan dana USD10 miliar untuk menyelamatkan Dubai dari krisis finansial di tahun tersebut.

Menara yang pembangunannya digawangi oleh Samsung Engineering and Construction ini didesain dengan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis (bunga bakung) dari Yunani. Hymenocallis berarti membran yang indah dan serta-merujuk filosofi pada tanamannya, memiliki umbi yang dapat hidup sepanjang tahun.

Apa saja yang bisa disaksikan di ketinggian lantai 148, 125, dan 124?

Di lantai 148, Anda akan melihat pemandangan kota Dubai yang memesona. Tampak gedung-gedung lainnya bagai miniatur hiasan. Berdiri di satu-satunya rancangan arsitektur tertinggi di dunia serasa bagai melihat lukisan indah. Jika Anda tahu gedung Empire State di Amerika dan menara Eiffel, Burj Khalifa berdiri kokoh dengan ketinggian tiga kali menara Eiffel dan dua kali dari Empire State.


Pemandangan dari lantai 148 Burj Khalifa (Foto: Yatin Suleha)

Alesandro, turis asal Italia mengaku kagum dengan satu-satunya bangunan paling tinggi buatan tangan manusia tersebut. Alesandro merupakan seorang engineer yang datang bersama sahabatnya untuk melihat kecanggihan Burj Khalifa.

"Menakjubkan, bangunan ini punya luas 33 ribu meter persegi. Ketinggiannya lebih dari 2 ribu meter persegi. Luar biasa. Dan satu hal lagi, saya cukup terkesima dengan jarak tempuh dari lantai terbawah hingga mencapai lantai 148 hanya dalam waktu 77 detik," ungkapnya.


Para turis tak melewatkan kesempatan untuk ber-swafoto di Burj Khalifa (Foto: Yatin Suleha)

Selain menyajikan pemandangan yang apik bagai lukisan, disetiap pemberhentiannya Anda juga akan menemui toko souvenir yang menjual aneka barang dengan desain atau gambar khas Burj Khalifa. Di dalam Burj Al Kahlifa juga ada observation deck yang letaknya di lantai 124. Observation deck menawarkan tur lengkap At The Top sehingga pengunjung tak hanya dapat menyaksikan keindahan di dalam Burj Al Khalifa, tetapi juga melihat pemandangan luar kota Dubai secara 360 derajat.

10 Fakta Menarik Seputar Burj Khalifa

1. Resmi dibuka pada 4 Januari 2010. Bangunan 160 lantai ini merupakan menara tertinggi di dunia.

2. Antena atau puncak mencapai 828 meter. Atap 828 meter.

3. Memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s. Hanya butuh waktu 77 detik dari lantai dasar menuju lantai 148 dengan tanpa goncangan sedikit pun.

4. Lantai teratas 6.213 meter.

5. Jumlah lantai 163. Ada 160 lantai yang dapat dihuni.

6. Luas lantai  334.000 meter persegi.

7. Arsitek Skidmore, Owings and Merrill. Insinyur Struktural Bill Baker.

8. Jarak tempuh menuju Burj Khalifa melalui the Dubai Mall dari Dubai International Airport sekitar 20-30 menit.

9. Bangunan Burj Khalifa terinspirasi untuk menggapai bintang di langit.

10. Isi Burj Khalifa antara lain terdapat hotel, perkantoran, deluxe spa, 900 apartemen mewah yang tersebar di lantai 12-108 di gedung pencakar langit Burj Khalifa, dan jalan masuk langsung menuju The Dubai Mall.


(DEV)