Sikap yang Harus Dimiliki Barista

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 17 Sep 2016 19:23 WIB
kopi
Sikap yang Harus Dimiliki Barista
Sikap yang Harus Dimiliki Barista (Foto: metroeat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kedai kopi yang semakin menjamur di berbagai kota di Indonesia membuat barista menjadi salah satu pekerjaan yang dianggap keren.

Namun, tugas barista ternyata tak hanya sekadar menyajikan kopi pada pengunjung. Ada hal lain yang membuatnya menjadi seorang barista yang berdedikasi.

Iqbal Sofyanis, pemilik Potpourri Authentic Coffee di daerah Jakarta Selatan menjelaskan bahwa seorang barista terbaik memiliki tiga hal yang tak boleh dilupakan saat berhadapan dengan pengunjung.

"Pertama, barista harus friendly atau ramah. Menyapa lebih dulu dan memperkenalkan diri. Bila perlu jabat tangan," ujar anggota dari komunitas Indonesian Latte Art Artist tersebut saat ditemui dalam acara Festival Kopi Flores.

Dengan demikian, pengunjung akan merasa senang dan nyaman untuk bisa dilayani.

Baca: Berbagi Cerita di Viva Barista

Kemudian, barista yang baik memberikan berbagai informasi seputar kopi pesanan pengunjung secara detail, dari jenis kopi, berapa suhu yang digunakan, proses yang akan dipakai dan beberapa hal lain yang membuat wawasan pengunjung seputar kopi semakin bertambah.

Terakhir, seorang barista harus bersikap atraktif dengan menyampaikan beberapa gurauan agar pengunjung merasa lebih rileks dan tenang dalam menikmati minuman yang kini menjadi bagian dari gaya hidup tersebut.

"Dedikasi lebih penting daripada kemampuan seorang barista dalam membuat kopi. Oleh karena itu, barista sebaiknya tidak jutek agar pengunjung menikmati kopi dengan tepat, bukan hanya sekadar ingin lihat interior saja," tutupnya.


 


(ELG)