10 Kesalahan Pria saat Menggunakan Kondom

Anggitondi Martaon    •    Rabu, 10 Feb 2016 16:11 WIB
seks
10 Kesalahan Pria saat Menggunakan Kondom
(Foto: Telegraph)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondom termasuk alat kontrasepsi yang paling digemari karena mudah didapat, dan harganya relatif murah. Meski demikian, masih banyak orang belum paham mengenai tata cara penggunaan kondom yang benar, sehingga berdampak pada gagalnya program Keluarga Berencana (KB). 

Dilansir Men's Health, ada 10 kesalahan yang sering dilakukan pria saat memakai kondom.

1. Telat memakai kondom

Sebanyak 51,1 persen pria dilaporkan telat menggunakan kondom saat berhubungan intim. Padahal, cairan pra-ejakulasi kadang-kadang mengandung sperma yang bisa menyebabkan kehamilan.

2. Tidak memberi ruang di ujung kondom

Sebanyak 24,3 persen responden tidak memberi ruang di ujung kondom. Padahal, ruang tersebut berfungsi menampung cairan sperma. 

3. Memasang kondom terbalik

Sekitar 30,4 persen responden mengaku pernah memasang kondom dengan kondisi terbalik. Jika hal ini terjadi, segera ganti kondom dengan yang baru untuk menjaganya agar tetap steril dari sperma. 

4. Tidak membuka gulungan kondom dengan sempurna

Penelitian terakhir yang dilakukan menunjukkan, sekitar 11,2 persen perempuan dan 8,8 persen laki-laki langsung memulai hubungan seksual, meski alat kontrasepsinya tidak terpasang dengan sempurna. Kondom yang digunakan pun berpotensi rusak atau robek.

5. Terkena benda tajam

Hindari membeli kondom yang terbuat dari bahan plastik atau lunak. Bahan tersebut sangat rentan rusak saat terkena benda tajam.

6. Tidak memeriksa kondisi kondom

Sekitar 82,7 persen perempuan dan 74,5 persen pria mengatakan, tidak pernah memeriksa kondisi kondom sebelum menggunakannya. Disarankan untuk memeriksa kondisi fisik dan tanggal kedaluwarsa penggunaan.

7. Tidak menggunakan pelumas 

Pelumas yang cukup dibutuhkan saat menggunakan kondom. Tanpa pelumas, kondom rawan rusak jika hubungan intim yang dilakukan berdurasi lama.

8. Salah melepas kondom

Banyak pria atau wanita melepaskan kondom dengan cara yang salah. Cara yang benar, yaitu dengan menahan bagian belakang kondom saat penetrasi selesai. 

9. Menggunakan kondom lebih dari satu kali 

Menurut penelitian, sekitar 1,4 hingga 3,3 persen responden mengaku pernah menggunakan kondom yang sama lebih dari sekali. Selain tidak higienis, kondom yang digunakan dua kali rawan rusak.

10. Menyimpan di tempat yang salah

Kebanyakan orang sering menyepelekan tempat penyimpanan kondom. Padahal, alat kontrasepsi rentan rusak  jika disimpan di tempat yang salah. Kondom juga mudah robek jika terpapar sinar matahari dan panas.



(DEV)