Aktivitas Seksual Tingkatkan Memori Pria Usia Tua

Nia Deviyana    •    Rabu, 09 Mar 2016 19:56 WIB
seks
Aktivitas Seksual Tingkatkan Memori Pria Usia Tua
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang tua berusia di atas 50-an yang aktif melakukan aktivitas seksual memiliki memori dan keterampilan kognitif yang lebih baik, daripada mereka yang tidak.

Lebih dari itu, seks nyatanya juga memberi dampak positif pada mental pria, yang melibatkan perencanaan dan pemecahan masalah. 

Hal tersebut merupakan hasil studi sebuah universitas di Inggris, belum lama ini. Studi telah dipublikasikan secara online dalam The Journal Age and Ageing.

"Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas seksual dan fungsi kognitif pria usia 50-an," kata Hayley Wright, penulis studi dan peneliti  diPusat Penelitian Psikologi, Perilaku, dan Prestasi Coventry University di Inggris sebagaimana dilansir Huffington Post, Rabu (9/3/2016).

Dalam studi, peneliti menganalisis lebih dari 6.800 pria usia 50-89 di Inggris. Para peserta ditanya apakah mereka terlibat aktivitas seksual selama 12 bulan terakhir. Dalam hal ini, peneliti menggunakan definisi yang luas terhadap makna 'aktivitas seksual', yang termasuk masturbasi, atau sekadar berciuman dengan pasangan.

Selanjutnya, peserta melakukan tes kognitif untuk mengukur memori, seperti mengingat 10 kata yang telah diucapkan peneliti, dan tes eksekutif yang mencakup mengidentifikasikan jumlah yang hilang dalam urutan numerik.

Hasil penelitian juga dipengaruhi berbagai faktor, seperti usia, pendidikan, status keuangan, aktivitas fisik, dan tingkat kesepian. 


(DEV)