Peluang Hamil Makin Kecil Setelah Usia 35 Tahun

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 30 Mar 2016 15:46 WIB
kesehatan
Peluang Hamil Makin Kecil Setelah Usia 35 Tahun
(Foto: Sheknows)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit perempuan berpikir menunda memiliki momongan dengan pertimbangan pendidikan dan karier. Namun, layaknya tubuh, fungsi reproduksi juga bisa mengalami penuaan.

"Seorang perempuan akan mengalami penurunan jumlah dan kualitas sel telur pada usia 35 tahun," kata dr Yassin Mohammad, SpOG, anggota tim SMART IVF di Fertility Center SSMH, dalam edukasi kesehatan bertajuk Layanan Medical Tourism di Sahid Sahirman Fertility Center, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Sel telur telah dimiliki perempuan sejak masih dalam kandungan. Pada usia 6-20 bulan, terdapat 6 hingga 7 juta bakal calon telur di tubuh perempuan. Jumlah tersebut terus menurun hingga masa pubertas. Pada akhirnya, perempuan hanya memiliki kurang lebih 400 ribu calon sel telur.

"Jika ada satu yang matang, maka terjadi kematian alami pada seribu sel telur lainnya," katanya.

Pada usia 37 tahun, terdapat sekitar 25 ribu sel telur pada perempuan. Biasanya, pada usia ini terjadi gangguan fertilitas yang disebut cadangan ovarium. 

Itulah mengapa, perempuan yang hamil pada usia ini banyak yang mengalami keguguran karena kualitas sel telur kurang bagus dan sedikit jumlahnya.


(DEV)